Pendekartidar Suspended

Tadi siang saya dapet SMS dari gus ikhwan blogger temanggung memberitakan portal pendekartidar eror. Ah aku emang belum sempat online sedari kemaren jadinya saya belum bisa memantau. Baru hari ini saya online dan mencoba membuka dan ternyata yang keluar adalah halaman suspended account. Ah kok bisa suspended ya (penasaran saya)?

Ah apa yang sebenarnya terjadi? saya segera menghubungi penjual hosting-nya mengenai penyebab suspend-nya account pendekartidar. Saya selalu seneng ngobrol sama penjual hosting-nya karena memang friendly dan seneng bagi-bagi ilmu, gak kayak penjual hosting langganan saya sebelumnya (gak boleh sebut merek). Setelah ngobrol panjang lebar yang intinya mau tanya kenapa kok suspended, jawabannya adalah trafik yang tinggi dan penggunaan resources processor dan RAM yang tinggi. What? processor empat inti dengan clockspeed 4 x 2,8GHz plus RAM 8GB masih penggunaan resources tinggi.

Apa yang membuat trafik tinggi? Sebenernya ada 2 penyebab. Penyebab pertama karena memang pengunjungnya banyak, tapi untuk website seramai apapun katakanlah dalam waktu bersamaan ada 1000 pengunjung (client) apalagi pake CMS WordPress yang terkenal ringan itu, saya rasa masih bisa dikatakan ringan untuk dihandle CPU Server dengan spesifikasi seperti yang saya sebutkan tadi. Penyebab kedua bisa juga karena terjadi loop (looping) atau recall halaman index akibat suatu command. Penyebab kedua inilah yang saya rasa menyebabkan trafik tinggi.

Darimana command loop ini berasal? Nah ini yang sangat sulit diidentifikasi. Bisa jadi karena theme yang digunakan, karena widget yang dipasang, atau plugins-plugins yang diinstall. Ini yang saya curigai. Tapi ya mau gimana lagi, nasi telah menjadi bubur. portal telah diklaim sebagai suspended account, data yang tersimp. Ya sudah lah, tinggal nunggu kesepakatan bersama kira-kira mau bagaimana.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.