Pendekartidar Online

Setelah hampir tiga hari account pendekartidar SUSPENDED (saya baru tau hari senin pagi) gara-gara overload pada halaman index akhirnya mulai hari Senin jam 23.35 (menjelang dinihari) portal pendekartidar online lagi (normal). Setelah saya minta backup terakhir dari penjual hosting akhirnya saya bisa menemukan tiga script PHP yang membuat halaman index looping. Looping halaman index yang terjadi terus menerus (tidak ada batas akhir perulangan) berasal dari satu plugins (yang diaktifkan terakhir kali) dan dari theme yang selama ini dipakai. Setelah saya coba di localhost-nya laptop, memang ternyata setelah saya membuka halaman utama http://www.pendekartidar.org loading processor saya mencapa 53% padahal saat idle dan membuka firefox paling jauh loading processor-nya hanya 10%. Begitu juga setelah saya close web browser ternyata loading tinggi masih terus berlangsung (loop tidak berhenti).

Baru saya lihat history apa yang dilakukan terakhir kali (selain menambah comment dan tulisan) ternyata aktivitas terakhir adalah aktivasi salah satu plugins. Segera saya deactivate plugins dan saya online mengirim support problem reporting pada developer plugins wordpress-nya. Baru setelah deactivate ternyata tidak berbeda jauh (loading masih tinggi), iseng saya ganti theme-nya, ah berhasil. Loading saat membuka halaman index bisa menjadi normal 10%. Selanjutnya saya coba aktifkan plugins yang bermasalah. Ah ternyata loading tinggi juga. Terlihat ternyata yang buat loading tinggi memang theme ama plugins.

Ah sebenarnya yang saya perlukan sekedar backup artikel dan file-file gambar di /wp-content/uploads. Selesai juga akhirnya tindakan penyelamatan artikel. Setelah beres masalah ini saya tidak lantas menghubungi penjual hosting. Saya buat cpanel sendiri di server saya dengan user dan password yang sama persis, selanjutnya saya segera mengarahkan NS domain pendekartidar.org ke NS3.OMAHMIRING.COM dan NS4.OMAHMIRING.COM. Proses upload memakan waktu yang lumayan lama dengan ukuran file mencapai 39MB (format .zip) hanya dari file gambar saja dan kecepatan transfer FTP rata-rata sebatas 178kbps. Saya login ke cpanel yang baru, langsung dengan instalatron (fungsinya seperti fantastico) dan segera install wordpress baru. Ekstrak file gambar yang tadi, selanjutnya import artikel. Ah beres deh semuanya, tinggal mempercantik tampilan. Sementara saya pasang dulu theme seadanya dan beberapa plugins agar gak terlalu minimalis.

Ah saya jadi penasaran pada plugins-nya. Setelah saya buka plugins dengan editor teks (wordpad.exe) ternyata memang permasalahnnya perintah yang terbalik pada command php. num_a=0, num_a=num_a+1, dimana for num_a>20 do …., saya ubah for num_a<20 do …. dengan domain variabel a yang sebegitu banyaknya mulai dari angka nol (0) sampai unlimited ().

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.