Laptop Baru CQ20-410TU

Beli laptop lagi? Oh no, saya rasa satu laptop sudah cukup bagi saya. Tapi minggu ini saya dapet jatah bonus beli laptop dengan uang 6,5 juta. Ah bingung juga harus membeli laptop (lagi) saat saya sendiri sudah punya. Akhirnya saya buat kriteria mengenai apa yang akan saya beli. 12 inch, DVD internal, bluetooth, WiFi, dan harus Compaq. Sebenarnya saya sudah ngelirik seri DV2, tapi dengan adanya DVD internal itu yang jadi harus di cancel.

Kenapa 12 inch? Karena saya sudah punya yang 14 inch dan sudah merasakan berat-nya membawa laptop 14 inch, setidaknya dengan 12 inch lebih ringkas dan lebih ringan. Bluetooth karena di laptop lama saya gak ada bluetooth-nya. WiFi tentu saja harus ada. Compaq? Ya gak tau kenapa saya lebih prefers ke Compaq daripada Acer, MSI, ASUS, Lenovo (IBM), ataupun Toshiba. Untuk Apple, Sony, atau Fujitsu terlalu mahal bagi saya.

Netbook jadi pilihan? Ah saya rasa kalau hanya dengan prosesor Atom dengan clockspeed dibawah 2GHz apalagi single core itu rasanya akan lambat kalau dipasang banyak software apalagi buat multitasking.

Apa pilihannya? Kalau ukuran 14 inch pasti udah dapet lumayan bagus tuh. Tapi dengan anggaran terbatas harus dapet 12 inch apa ya? Ah saya rasa kelas CQ20 sudah layak, minus bagi saya karena VGA yang masih Intel GMA 4500MHD. Tapi setidaknya untuk urusan kantoran sudah cukup mumpuni. Akhirnya setelah menimbang antara CQ20-326TU, CQ20-401TU, dan CQ20-410TU saya memutuskan untuk memilih CQ20-410TU. Kenapa?

Diantara ketiganya (spesifikasi hampir sama), CQ20-410TU yang paling unggul secara hardware (dengan RAM DDR2 2GB). CQ21-401TU memiliki kelebihan OEM Windows Vista, ah seandainya itu Windows 7. Sudah dapat laptopnya, sekarang tinggal mengisi.

Diisi apa ya? Ah isi aja pake Windows 7, kan saya punya MSDNAA. Akhirnya saya memutuskan install Windows 7 Professional (32 bit). Kenapa bukan 64 bit? Karena RAM 2GB adalah system require minimum untuk yang 64 bit, jadi saya rasa lebih baik sisa RAM agar performa tidak anjlok ketika diinstall program-program yang lumayan berat. Lisensi saya dapatkan setelah melakukan pilah-pilih di website-nya MSDNAA-UGM.

Operating System sudah terinstall tanpa ada masalah dan hambatan (rasanya instalasi lebih cepet dari laptopku yang lama). Listing program yang akan di install. Tentunya kalau dengan melihat spesifikasi dan kebutuhan saya rasa yang dimasukkan cukup pada masalah office, statistik.

Ah untuk mengakali-nya saya dapet ide, ambil aja lisensi MSDN yang ada. Untuk Aplikasi office, selain pake Open Office juga saya install Microsoft Office 2010 beta2 (kan gratis), selanjutnya Microsoft Visio (MSDN), Vissual Basic (MSDN), Firefox (freeware), Pidgin (freeware), Jet Audio (freeware). Saya rasa itu semua bisa cukup menggantikan kebutuhan-kebutuhan software. Dengan cara ini setidaknya software-software yang terinstall sangat resmi, dan bener-bener resmi (lisensi-nya).

Oh ya ada yang lupa, antivirus. Kaspersky, untung lah saya masih punya lisensi Kaspersky 2010 buat 1 tahun yang Cuma seharga 100 ribu (pas ada kunjungan Kaspersky di GSP-UGM beberapa waktu lalu). Beres deh semuanya.

Mengenai perbandingan CQ20-410TU dengan Compaq 515 ada beberapa parameter segmen penggunaan yang membedakan keduanya. Parameter perform saya lebih memilih Compaq 515. Parameter style saya pilih CQ20-410TU. Jadi intinya Compaq 515 dipakai buat dedhel-duel selanjutnya yang CQ20-410TU buat mobilitas aja.

Sebenarnya ada yang buat saya ragu. Dua laptop buat apa ya?

* Konsentrasi pada pembelian laptop dan ujian semester membuat saya jarang update blog ini.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.