InkScape

Inkscape dikembangkan berbasis OpenSources yang setelah saya kunjungi website resminya, software ini dapat diunduh secara gratis (freeware), beruntung bagi pengguna Windows kini sudah ada Inkscape untuk platform Windows.

Meski tidak dapat sepenuhnya menggantikan fungsi gambar vektor yang diusung CorelDraw, tetapi fitur dan fungsi-fungsi yang dibawa Inkscape sudah lebih dari cukup untuk membuat gambar vektor. Dengan interface yang sedikit berbeda sekalipun, pengguna tidak akan terlalu sulit menemukan fungsi-fungsi yang ada pada Inkscape, layaknya fungsi yang ada pada CorelDraw.

Inkscape hingga saat ini masih terus dalam proses pengembangan, tetapi sudah lumayan stabil untuk dijalankan di platform Windows. Bagi yang belum terlalu memahami CorelDraw, ada baiknya dari sekarang mulai belajar menggunakan Inkscape. Kelebihan dari inkscape berada pada OpenSources yang diusungnya.

Inkscape adalah alternatif software vector drawing bagi yang tidak mampu membeli software gambar vektor yang berbayar semacam CorelDraw atau yang sejenisnya. Jadi lebih disarankan menggunakan Inkscape yang OpenSources dan gratis daripada anda menggunakan CorelDraw yang bisa jadi adalah software bajakan. Lebih disarankan kalau memang cukup uang anda bisa punya pilihan untuk membeli software CorelDraw secara legal atau boleh juga pakai Inkscape.

Silakan berkunjung ke website inkscape untuk mendapatkan versi terbaru dari Inkscape for windows, atau untuk mendapatkan versi 0.47-3 silakan download langsung.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.