PicasaWeb

Bagi pengguna Windows tentunya tak ingin hanya memiliki picture viewer bawaan Windows yang menurut saya kemampuannya terbatas. Beberapa kali saat saya membelikan komputer baru untuk orang (tentunya bukan untuk saya sendiri) selalu OS yang diinstall oleh penjualnya adalah Windows XP (saya gak berani jamin itu windowsnya legal). Software yang diinstall pun salah satunya adalah ACDSee, padahal sepengetahuan saya software ini bukan software gratis.

Picasa adalah salah satu software garapan google yang boleh digunakan siapa saja. Tentunya harus menyetujui syarat dan ketentuan yang diberikan google kepada penggunanya. Picasa ini yang saya anggap mampu menggantikan kegunaan ACDSee. Kelebihannya ya itu tadi, bisa dikatakan Picasa ini gratis.

Kalau ACDSee versi Pro punya picture editor yang lumayan komplit, Picasa pun juga punya hal yang sama, meski tidak dapat sepenuhnya menggantikan beberapa fungsi yang ada pada ACDSee. Untuk urusan SlideShow pun saya rasa keduanya punya fitur ini. Sedikit perbedaan adalah dalam hal printscreen atau menangkap tampilan layar kita. Di Picasa kalau kita menekan tombol printscreen di keyboard, otomatis Picasa akan memasukkan hasil printscreen ke direktori sendiri. Lebih nyaman tentunya, selanjutnya pun kita bisa utak atik mau di crop, rotate, resize, hingga add effect.

Kelebihan lagi yang dimiliki oleh Picasa, karena software ini berangkat dari image hosting yang diusung oleh google (picasaweb) tentunya pengembangan Picasa pun mengacu pada kemampuan software ini untuk uploading gambar ke server-nya picasaweb. Kalau dengan account google kita bisa mendapatkan free image hosting di picasaweb, dengan software Picasa ini kita dapat lebih mudah mengatur gambar-gambar kita yang online lan offline.

Untuk account google gratisan kita sudah mendapatkan 1GB hosting gratis untuk gambar-gambar milik kita. Lumayan kan kalau sekedar untuk menempatkan gambar-gambar dari posting blog atau sekedar untuk dibagikan kepada teman. Kalau dirasa kurang, bisa upgrade yang setau saya dengan bayar sekitar 5 USD kita dapat hosting hingga 20GB, masih kurang lagi google menyediakan hingga hitungan terrabyte.

Kalau tak mampu beli software ACDSee sebagai fungsi picture manager, anda bisa gunakan software Picasa untuk menggantikan. Yang gratis tentu selalu menggiurkan. Silakan menuju website picasaweb untuk download software Picasa versi terbaru.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.