Upgrade Windows 10 Mobile Lumia 930

Windows 10 on Lumia 930

Microsoft baru saja mengeluarkan rilis final system operasi Windows 10 Mobile. Penantian panjang para pengguna ponsel Windows Phone 8.1 akhirnya terbayar meski ternyata ponsel yang support Windows 10 Mobile ternyata hanya untuk ponsel dengan RAM 1GB atau lebih besar. Sementara pengguna ponsel Windows Phone dengan RAM 512MB harus puas dengan Windows Phone 8.1. Kemungkinan keputusan tidak menyertakan ponsel dengan RAM 512MB dalam lingkaran update Windows 10 Mobile murni supaya seluruh pengguna Windows 10 Mobile mendapatkan pengalaman terbaik dalam menggunakan ponselnya.

Saya termasuk yang excited begitu mengetahui Windows 10 Mobile sudah dirilis. Saya pun langsung melakukan upgrade ke Windows 10 Mobile untuk ponsel Lumia 930 saya.

Langkah yang perlu dilakukan untuk upgrade ke Windows 10 Mobile cukup sederhana. Install Windows 10 Upgrade Advisor melalui Windows Application Store di ponsel. Selanjutnya tinggal buka dan ikuti langkah-langkah yang menurut saya cukup instruktif (tinggal next saja).

Windows 10 Upgrade Advisor
Windows 10 Upgrade Advisor

Setelah selesai urusan dengan Windows 10 Upgrade Advisor silahkan buka Settings, Phone Update, dan lakukan Update. Ponsel akan melakukan download update, pastikan terhubung dengan WiFi, atau apabila diatur boleh menggunakan paket data internet ponsel pastikan kuota masih mencukupi untuk download yang ukurannya sekitar 1,2GB. Setelah selesai download update, restart ponsel dan onsel akan melakukan Upgrade ke Windows 10 Mobile. Seluruh proses ini memerlukan waktu kira-kira satu jam, dan sangat tergantung kecepatan download update-nya.

Sebenarnya saya sudah merasa sangat nyaman menggunakan sistem operasi Windows Phone 8.1. Hampir semua keperluan atas sebuah ponsel untuk menjalin komunikasi sudah tercukupi dengan Windows Phone 8.1 pada Lumia 930 saya. Tetapi tak ada salahnya bagi saya untuk Upgrade ke Windows 10 Mobile.

Dengan melakukan Upgrade ke Windows 10 Mobile saya mendapatkan tampilan yang lebih elegan dan hampir mirip dengan apa yang saya dapatkan pada universal application yang berjalan pada Windows 10 versi desktop. Selain itu, munculnya kemampuan software untuk melakukan perekaman slowmotion di aplikasi Kamera bawaan Windows 10 Mobile juga sebenarnya lumayan saya nantikan. Yah, meskipun sebenarnya fitur seperti ini nantinya juga pasti jarang saya gunakan. Tapi nggak ada salahnya dong kalau ponsel dibekali fitur semacam slowmotion biar nggak kalah sama kemampuan yang ada di iPhone 6 dan Nexus P6.

Upgrade Windows 10 Mobile mengoptimalkan dan membuka kemampuan hardware sesungguhnya pada Lumia 930.

Saya rasa “melepaskan singa dari kandangnya” bukan ungkapan yang berlebihan atas apa yang saya dapatkan dari upgrade ke Windows 10 Mobile.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.