Influencers

Tulisan ini semata membalas pantun teman saya – Mas Abi – yang dengan selo-nya mempertanyakan kabar blog teman-teman kuliah Geofisika UGM angkatan 2007 yang sampai ditulis dalam dua chapter. Badalah banget, ternyata dalam dua chapter-nya itu kok ya blog saya tidak dibahas, atau minimal ada capture-nya lah. Tapi saya maklum juga sih, selepas pindahan rumah dari delouvylux.blogspot.com ke nahdhi.com memang saya nggak pernah kirim-kirim salam ke teman-teman seperbloggingan jaman sekolah.

Mas Abi ini juga lah yang saya sebut sebagai influencer (dan tentu juga beberapa orang lainnya) di awal-awal saya blogging. Nah, karena Mas Abi sudah banyak cerita mengenai kabar blog para cindil, sekarang giliran saya juga bakalan memaparkan apa-apa yang paling saya ingat tentang beberapa blog teman-teman seangkatan Geofisika. Inilah mereka empat orang influencers:


Sony dengan FraithZONE

Blog fraithzone.blogspot.com
Blog fraithzone.blogspot.com

Pertama kali kenal dengan blog Sony jaman masih ada multiply. Hah? What the he** (head), ini serius super jadul. Tapi pada masa itu saya masih belum begitu tertarik kembali dengan blog. Saya sebelumnya sudah memiliki blog di blogger.com. Nah, ketika Sony sudah menjajah blogger.com akhirnya saya mulai bersemangat kembali menulis karena ada teman ngeblog, saya membuat blog baru delouvylux (cerita migrasi ada di bagian akhir). Sony (menurut saya) adalah satu-satunya diantara kami yang paling lanyah dalam hal menulis di blog. Tulisannya sangat lepas dan ekspresif sesuai dengan title tag dari blog-nya, Freedom and Faithfull Zone. Yah, meski kebanyakan curhat sih pada saat itu. Lihat saja, dia sangat pandai memposisikan dirinya sebagai pengamat kelakuan orang (kalau bukan disebut KEPO apa lagi coba). Sony merupakan blogger cemerlang dalam hal konsistensi sepanjang periode menulis-nya.


Abi dengan SangPengampun

Blog sangpengampun.blogspot.com
Blog sangpengampun.blogspot.com

Abi adalah salah satu blogger yang cukup (cukup lho ya) konsisten dengan pilihannya. Abi adalah fanboy Sony. Eh, maksudnya Sony Ericsson yang handphone itu lho bukan Sony yang di atas (rasa sebenarnya hanya dia dan Tuhan yang mengetahui). Selain ngefans sama Sony Ericsson, Abi juga cukup konsisten dengan pilihannya sebagai Sheilagank, itu lho fans Sheila On7. Lihat saja nama blognya yang hasil kolaborasi dari Sang Pemenang dan Ampun DJ. Konsistensinya dengan konten mengenai Sony dan Sheila On7 patut mendapatkan apresiasi dan diteladani oleh para generasi masa depan, termasuk dalam tulisannya 2 Hari Mencari Cinta yang tertukar yang lagi-lagi merupakan kolab antara Sony dengan Sheila On7.


Ali dengan UnderConstruction

Blog ho-o-po.blogspot.com
Blog ho-o-po.blogspot.com

Ali mengingatkan saya mengenai sosok agamis dan sosok pejuang. Lihat saja, tulisan pertamanya yang saya ketahui mengenai pertentangan batinnya dalam Filsafat dan Agama. Ya, Ali selain memang lulusan teladan memang bisa menjadi teladan dalam urusan beribadah. Meski itu salah satu yang menurut saya notable, ada hal lain yang menurut saya perlu dicatat. Ali merupakan technology geek sebagaimana telah diakui diantara teman seangkatan. Dia dengan sangat cantik mampu mengartikulasikan Ayat-Ayat Cinta dalam kehidupan blogging-nya, terbukti Ali pernah bisa ngopeni dua blog ho-o-po dan alifahmi. Kalau boleh membuat ranking, Ali layak disejajarkan dalam pemahaman teknologi dengan Arie. FYI, Arie adalah orang paling pintar nomor dua di Geofisika UGM angkatan 2007.


Astha dengan ASTHAREA

Blog astharea.blogspot.com
Blog astharea.blogspot.com

Salah satu Srikandhi blogger Geofisika 2007. Astha saya masukkan sebagai notable blogger diantara teman seangkatan karena dia satu-satunya Srikandhi yang sudah Go Internasional dalam urusan blogging (selain karena dia salah satu rising star lho ya). Bahkan sebelum UGM mendeklarasikan sebagai kampus riset berkelas dunia Astha sudah mencoba Go Internasional. Lihat saja, tulisannya dalam Bahasa Inggris sangat bermanfaat bagi pembacanya karena pembaca diajak berpikir panjang untuk memahami. Bagaimana tidak, saya perlu google translate dalam memahami tulisannya. Ah, perempuan memang sulit dipahami, bahkan google translate tidak banyak membantu. Coba saja pahami puisi Bahasa Inggris yang dituliskan dalam blognya. Saya pernah mencoba untuk menulis blog dalam Bahasa Inggris tapi tak bertahan lama, satu tulisan dalam dua minggu (dan setiap hari saya revisi karena grammar-nya ngaco).

OK, sepertinya empat orang blogger seangkatan itu yang menurut saya menjadi most influencers pada tahun-tahun awal saya kembali ngeblog setelah desperate akibat gagal move on. Saya tak menampik bahwa ada beberapa teman seangkatan lainnya yang tak luput peran telah membuat ngeblog bukan sesuatu yang membosankan diantara teman Geofisika 2007. Sebut saja Yudha dengan EverythingNew, Zuhdie dengan Young Interpreneur, dan masih banyak lainnya. Mohon maaf belum bisa bahas satu per satu karena kalau satu tulisan terlalu panjang, ha lak wagu.

Mengenai migrasi seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Saya pernah berkali-kali migrasi blog (termasuk tulisan-tulisannya). Dalam proses migrasi ini saya coba sortir lagi beberapa tulisan. Tulisan yang tidak patut dan “it harshing me” (misal tulisan pada periode akhir 2006 sampai dengan medio 2008 pada blog eviwid.blogspot.com) saya set sebagai tulisan private, saya kembalikan sebagai draft, atau bahkan telah saya hapus. Ada juga beberapa tulisan pada periode setelahnya juga saya sortir. Sepanjang ingatan saya, beberapa nama domain yang pernah saya pakai adalah:

  • eviwid.blogspot.com (delete, posts migrated)
  • delouvylux.blogspot.com (pending delete, posts migrated)
  • nahdhi.wordpress.com (delete, posts migrated)
  • nahdhi.com (1st periode, posts migrated)
  • afanasyevich.wordpress.com (no update)
  • gep.web.id (expired, posts migrated)
  • omahmiring.com (expired, posts migrated)
  • sekarlangit.com (expired, posts migrated)
  • invent.id (redirect to nahdhi.com, posts migrated)
  • write.id (redirect to nahdhi.com, posts migrated)
  • jkt.bz (redirect to nahdhi.com, set sebagai URL shorten)
  • nahdhi.com (2nd periode, active)

Oh ya, kalau dihitung ternyata sudah hampir sembilan tahun yang lalu saya dan mereka saling kenalan. Sudah sungkemable kalau dihitung dari usia ngeblog. Terlalu tua untuk dianggap blogger generasi ketiga tapi terlalu muda untuk dimasukkan dalam kelompok Blogger v.2.0, blogger generasi kedua. Jadi mungkin generasi blogger yang hampir seangkatan dengan kami ini adalah Blogger v.2.1.


Glosarium:
la-nyah: sudah sangat ahli di bidangnya.
ho-o-po: betul kah?
sung-kem-a-ble: layak disungkem-i.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Satu tanggapan pada “Influencers”

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.