Rute Jogging Mblumbang Yogyakarta

Seminggu terakhir ini saya kembali teringat keharusan menjaga kondisi kesehatan saya. Saya masih ingat terakhir kali saya berolahraga sudah hampir tiga bulan yang lalu. Apa yang membuat saya ingat untuk kembali menjaga kesehatan? Teman seumuran saya ada yang kemaren cuci darah dan katanya sekarang udah dua minggu sekali karena gagal ginjal. Saya nggak mau itu terjadi pada diri saya. Mulai hari ini saya sudah membuat perencanaan dan jadwal khusus untuk berolahraga, dalam artian olahraga yang sebenarnya.

Pilihan olahraga. Di dekat kost memang sih ada Arena Futsal (Golden Goal) lewat jalan ke arah Masjid Pogung Raya (MPR). Tapi sepertinya itu gak efisien bagi saya, tentunya termasuk perhitungan karena mengeluarkan biaya yang gak sedikit. Mau tenis atau bulu tangkis juga gak ada tempat dan mahal juga. Mau olahraga catur kok sepertinya yang olahraga cuma otak, pikirannya nyekak raja. Pilihan paling bagus dan efisien plus murah sepertinya jogging aja.

Mengatur rute Jogging. Kalau dari Wisma Mblumbang mau ke GSP (Grha Sabha Pramana) tentu amat jauh dan hampir memakan waktu setengah jam. Selain itu juga tingkat polusi di sekitar GSP sudah lumayan tinggi. Menuju lembah UGM sepertinya sama aja, polusi sudah amat tinggi sekali, apalagi dengan lewat-nya bis-bis yang sebenernya udah tidak layak pakai itu. Pilihan alternatif saya adalah dari Wisma Mblumbang Menuju perempatan Kentungan dilanjutkan belok kiri ke arah Monjali. Setelah sampai di Perempatan Monjali belok kiri menuju PDAM trus belok kiri lagi ke arah Pogung Lor, sudah lah kembali menuju Wisma Blumbang.

Memilih waktu. Kalau pagi sepertinya gak mungkin. Selain dari segi sempat karena biasanya saya bangun diatas jam lima juga atas pertimbangan trafik di pagi hari yang di sekitar ringroad pasti padat. Selanjutnya pilihan sore sepertinya juga tidak tepat karena juga arus balik apalagi pilihan siang hari yang pastinya super panas di Jogja. Akhirnya pilihan saya pas setelah magrib. Trafik udah mulai sedikit sepi. Selain itu juga kebetulan ada barengannya Mas Apas dan Mas Septian. Kalau dihitung waktu, perjalanan muter itu menghabiskan sekitar 30 menit (lari plus jalan). Ya kalau dihitung nanti sampai kost jam setengah tujuh. Istirahat sebentar plus nanti mandi pas selesai jam tujuh tit…..

Hayo… Siapa yang mau ikut?

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.