Wonolelo Magelang

Wonolelo, secara administratif termasuk wilayah Kabupaten Magelang di wilayah penghubung antara Gunung Merbabu dan Merapi. Bumi Perkemahan sendiri terletak tepat di pinggir sungai pembatas antara Merapi dan Merbabu. Merupakan secuil tanah lapang dari pertemuan dua aliran sungai. Bukan tempat istimewa bagi para pecinta alam karena kurang menantang dan memang letaknya tidak di ketinggian yang cukup. Tapi untuk tempat kegiatan kepramukaan sekolah, makrab, atau yang sejenis merupakan tempat yang menarik untuk diperbandingkan dengan bumi perkemahan di tempat lainnya.

Jalan menuju lokasi perkemahan cukup mudah jika menggunakan sepeda motor, tetapi tidak tepat jika memutuskan menuju tempat ini dengan mobil. Lebih baik tidak menantang maut melewati jalan sempit tepat di bibir jurang, sisi jalan rusak dan ada beberapa yang longsor. Cukup jauh jika berjalan kaki dari jalan utama Magelang-Boyolali over Selo, sekitar satu kilometer dari tempat yang masih bisa dijangkau mobil. Dari Ketep harus menempuh jalan aspal sekitar tiga kilometer untuk mencapai gapura Wonolelo di kanan jalan, letaknya tepat di tikungan sebelum tempat peristirahatan di wilayah Wonolelo.

Background puncak Merapi, tebing-tebing tinggi, dan aliran sungai yang masih jernih menjadikan buper ini menarik, seolah-olah merupakan tempat yang terisolir dari keramaian. Untuk acara outbond ataupun tracking bisa dimulai dari Ketep, menyusuri jalan kecil, areal perkebunan dan menyusuri bibir jurang. Bisa juga dimulai berjalan dari stasiun pengamatan Babadan berjalan sekitar tiga kilometer melewati hutan, menyusuri tebing, menyeberang sungai.

Saya pernah satu kali menginap di buper Wonolelo ini. Tidak terlalu dingin di malam hari jika dibandingkan dengan buper sekitar Curug Silawe. Yang perlu diperhitungkan jika ingin mendirikan tenda di Wonolelo adalah arah angin yang sering kali berubah dan susah ditebak. Wajar karena memang buper ini terletak di lembah antara dua gunung, pertemuan dua aliran sungai, dan dataran terbuka.

Wonolelo adalah tempat favorit dan langganan untuk acara pramuka maupun makrab bagi beberapa institusi di wilayah Magelang, Boyolali, dan Yogyakarta.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.