Windows Phone vs Android, Brothers in Arms 3: Sons of War

Brothers In Arms 3: Sons of War

Bagi para FPS gamer, tentu cukup mengenal game sekuel game Brothers in Arms. Game yang bertajuk shooter ini sudah cukup lama hadir di platform PC Desktop. Belum lama ini, Brothers in Arms melalui sekuel Brothers in Arms 3: Sons of War hadir di mobile platform Android dan Windows Phone. Jika menilik dari versi PC Desktop, game ini bisa dipastikan memerlukan spesifikasi hardware yang mumpuni.

Android BIA3SOW
Android BIA3SOW

Game Brothers in Arms 3: Sons of War for Android sedikitnya memerlukan memori penyimpanan 754MB pada versi 1.2.0p. Dengan kebutuhan memori penyimpan sebegitu besar, tentu dapat dimengerti kalau game ini menyasar untuk device android kelas atas. Setidaknya untuk menjalankan game ini dengan cukup mulus, minimal dengan RAM sedikitnya 1.5GB, prosesor 4 core, dan kartu grafis yang mumpuni. Beruntung saat ini ponsel Android dengan spesifikasi mumpuni di kelas menengah bisa dibilang tidak terlalu mahal jika mengkomparasikan dengan spesifikasi yang diperoleh.

Windows Phone BIA3SOW
Windows Phone BIA3SOW

Dalam versi Windows Phone, Brothers in Arms 3: Sons of War juga memakan memori cukup besar, yaitu 616MB. Tentu dengan kebutuhan memori sebesar itu membutuhkan resource mumpuni. Barangkali RAM 512MB di ponsel Windows Phone akan teriak keberatan untuk menjalankan game ini. Belum lagi ponsel-ponsel Windows Phone yang yang beredar bisa dibilang ketinggalan jaman untuk teknologi prosesornya. Disaat produsen lain sudah pasang prosesor 4 inti, produsen ponsel untuk Windows Phone masih setia dengan prosesor 2 inti. Begitu juga disaat produsen lain sudah menginjak prosesor 8 inti, mereka baru memasuki era 4 inti.

Dalam ujicoba kali ini, perangkat Android yang digunakan adalah Samsung Galaxy Tab S 8.4 LTE (SM-T705) dengan versi Android 4.4.2 dan game Brothers in Arms 3: Sons of War versi 1.2.0p. Sedangkan perangkat Windows Phone 8.1 Denim sebagai lawan tandingnya adalah Nokia Lumia 930 (RM-1045) dengan game Brothers in Arms 3: Sons of War versi 1.0.3.3.

Dari sisi spesifikasi, Samsung Galaxy Tab S 8.4 LTE masih unggul dengan prosesor 8 inti (big.LITLE) dan RAM 3GB jika dibandingkan dengan Nokia Lumia 930 yang hanya dibekali prosesor 4 inti dan RAM 2GB. Untuk sektor display, sepertinya resolusi layar Samsung Galaxy Tab S yang lebih besar 2560×1600 pixel justru akan lebih membebani jika dibandingkan Nokia Lumia 930 yang hanya dibekali layar resolusi 1920×1080 pixel. Dari prosesor pun meski Samsung Tab S dibekali 8 inti tetapi dengan skema big.LITLE (hanya 4 inti yang aktif bersamaan) dan clock 1.9GHz sepertinya akan sedikit limbung menghadapi Lumia 930 dengan 4 core dan clock 2.2GHz. Tetapi Galaxy Tab S cukup terbantu dengan teknologi prosesor yang lebih baru dan lebih efisien dibandingkan Lumia 930.

Sebelum membahas hasilnya, berikut untuk ditonton video duel Android 4.4.2 melawan Windows Phone 8.1 Denim:

Dalam video, bisa dilihat bagaimana Android “tertinggal” beberapa detik dibandingkan Windows Phone saat loading awal. Begitu juga saat berpindah navigasi, Android terlihat delay jika dibandingkan Windows Phone. Meski Lumia 930 spesifikasinya cukup inferior dibandingkan Galaxy Tab S, untuk urusan bermain game Brothers in Arms 3: Sons of War ternyata Lumia 930 masih lebih mumpuni dibandingkan Galaxy Tab S.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.