WEI – Windows Experience Index

WEI (Windows Experience Index) adalah pemberian skala kemampuan komputer (hardware+software) dalam menjalankan tugasnya (seperti halnya perhitungan benchmark). Saat ini Microsoft membuat skala dimulai dari 1,0 sampai 7,9. Skala 1 untuk komputer (maupun laptop) dengan kemampuan biasa saja dan skala 7 untuk yang powerfull. Skala ini seperti pembagian level untuk komputer dari level terendah (level 1) untuk WEI antara 1,0-1,9 hingga skala tertinggi (level 7) untuk WEI antara 7,0-7,9.

Level berapa komputer/laptop anda? Untuk mengetahuinya silahkan buka melalui control panel, system and security, system, windows experience index atau langsung dari start menu ketik saja experience index. Jika belum ada rating-nya silahkan anda klik rate this computer. Skor yang keluar terdiri dari lima subscore dan base score diambil dari angka terendah pada seluruh komponen subscore. Subscore terdiri dari perhitungan preforma RAM, Prosesor, Harddisk, dan Kartu Grafis. Untuk melihat lebih detail, klik view and print detailed performance and system information.

Angka subscore memiliki angka toleransi 0,1. Sehingga misal komputer anda memiliki nilai base score 2,9 karena subscore harddisk anda yang lambat, tetapi subscore lainnya (prosesor, RAM, VGA) sudah bernilai diatas 3,0 maka komputer anda juga dapat menjalankan fitur-fitur pada komputer level 3 (basic). Tetapi tidak dapat dikatakan komputer anda sudah masuk level 3, komputer anda tetaplah komputer level 2.

Komputer pada level 1 atau 2 sebaiknya hanya digunakan untuk menjalankan fitur-fitur office standar dan browsing internet. Komputer level ini tidak disarankan menjalankan fitur-fitur Windows Aero atau menjalankan multimedia pada Windows7 (apalagi jika hanya level 1). Biasanya komputer-komputer tua berada pada level ini.

Komputer pada level 3 mampu menjalankan fitur Aero dan kebanyakan fitur yang ada pada Windows7 standar. Misal komputer pada level ini dapat menjalankan skin/theme Windows7 hingga pada resolusi 1280 x 1024, tetapi akan bermasalah ketika dijalankan pada multiple monitor. Atau dapat menjalankan TV digital tetapi mungkin agak lambat ketika menjalankan konten HDTV.

Komputer level 4 atau 5 mampu menjalankan fitur-fitur terbaru pada Windows7 dan menjalankan multitasking pada waktu bersamaan, memainkan HDTV dengan lancar, tetapi untuk merekam HDTV akan sedikit mengalami kendala (walaupun bisa).

Komputer level 6 atau 7 memiliki harddisk yang sangat cepat dan support terhadap high-end content semisal multiplayer game 3D, merekam dan memainkan HDTV.

Batas maksimal level pada WEI terus berkembang sesuai perkembangan hardware komputer, tetapi standar-nya tidak akan pernah berubah. Selama anda tidak melakukan upgrade hardware (ataupun software yang dapat meningkatkan WEI), skor WEI anda akan tetap sekalipun suatu saat nanti akan muncul standar level baru yang dikeluarkan Microsoft (misal muncul komputer level 8 atau level 9).

Untuk melihat WEI laptop tidak bisa mengukur ketika menggunakan sumber daya baterai, jadi silahkan cabut baterai dan gunakan sumber daya dari charger laptop. Jangan terlalu berharap level terlalu tinggi karena laptop memiliki batas kemampuan yang selalu di bawah batas kemampuan PC desktop. Biasanya laptop memiliki kendala pada subscore yang mengukur kemampuan grafis (VGA) atau prosesor. Untuk RAM ataupun harddisk anda mungkin bisa dengan mudah melakukan upgrade (karena bagi sebagian orang pasti tidak terlalu mahal), untuk prosesor pasti mahal sekali (meskipun bisa), tetapi untuk VGA card sepertinya sangat terbatas. Saya sendiri belum pernah dengar upgrade VGA card pada laptop.

Berikut ini WEI laptop (Compaq 515) yang biasa saya pakai, saya sama sekali belum melakukan instalasi driver hardware apapun ke dalam sistem yang ada, semua masih bawaan Windows7 lewat fitur autodetect-nya.

Agak kecewa memang melihat hasilnya. Dari hasil diatas terlihat bahwa yang membuat base score hanya 3,9 (level 3) adalah performa grafis, padahal komponen lainnya rata-rata sudah menyentuh level 5. Untuk menaikkan base score (setidaknya agar menyentuh level 4) yang perlu dilakukan adalah upgrade sistem grafis (bisa karena resolusi LCD, driver VGA atau memang hardwarenya). Saya belum mencoba update driver VGA (masih bawaan Windows7 yang memang sudah autodetect). Kalau misal karena hardware, apakah mungkin kita melakukan upgrade VGA Card untuk laptop?

Selanjutnya akan saya sambung di lain waktu membahas level komputer di kelas Open Sources System khususnya LINUX (karena Open Sources sekarang mulai merakyat).

Silahkan sampeyan pamer WEI anda disini khususnya laptop (kalau bisa sih melalui printscreen seperti di atas itu), maksudnya biar saya gak jadi sombong. 😀

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.