Troubleshoot Plugin WordPress

Pernah suatu ketika anda menemukan plugin yang sangat menarik dan mestinya akan bagus ketika dipasang di blog anda? Setelah membaca beberapa review di internet mengenai plugin tersebut anda semakin yakin untuk memasang di blog wordpress anda. Selanjutnya anda mendownloadnya, mengupload ke blog anda, dan melakukan aktivasi plugins. Kemudian yang anda alami ….

…Nothing!

Masih beruntung kalau tidak terjadi apa-apa, karena kadang ada kejadian yang lebih parah dari itu. Tentu anda jadi penasaran, kenapa tidak terjadi apa-apa meski plugin telah diaktifkan?

Berikut ini adalah langkah-langkah sederhana untuk mencari kesalahan dari plugins wordpress yang baru saja anda pasang.

  1. Matikan semua plugin wordpress anda kecuali plugin yang baru saja anda pasang atau yang ingin anda cari kesalahannya.
  2. Cek halaman blog anda. Jika ternyata plugin tidak bekerja bisa dipastikan error ada pada theme atau plugins itu sendiri. Jika ternyata plugins bekerja dengan baik, lanjutkan ke langkah berikutnya.
  3. Aktifkan plugin wordpress lainnya satu per satu, setiap melakukan aktivasi satu plugin cek halaman blog anda. Jika satu plugin telah diaktifkan, jangan lupa untuk mematikan kembali sebelum mengaktifkan plugin lainnya.
  4. Jika suatu ketika anda menemukan kesalahan (error) saat mengaktifkan satu plugin lain, bisa dipastikan dua plugin aktif tersebut yang menyebabkan konflik.

Sampai langkah keempat ini, hal yang bisa saya sarankan adalah menghubungi kedua pembuat plugin bahwa plugin ini mengalami error saat digunakan bersamaan.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.