Tips Wisata Akhir Tahun Yogyakarta

Banyak orang mengincar wisata ke luar kota pada liburan akhir tahun. Kota tujuan wisata yang cukup populer adalah Yogyakarta. Yogyakarta memang memiliki banyak sekali alasan yang kuat bagi orang-orang untuk mendatanginya. Tak sedikit orang dari luar kota memilih Yogyakarta karena ingin bernonstalgia masa-masa sekolah atau kuliah jaman dahulu. Urusan berlibur memang bukan asal-asalan waton mlaku. Liburan itu bisa dinikmati kalau semuanya terencana dengan baik. Mulai dari tahap persiapan sampai apa yang didapatkan pasca liburan. Apa saja yang perlu dipersiapkan dan diketahui bagi para wisatawan yang berlibur ke Yogyakarta akhir tahun ini?


Kesabaran. Ini yang sangat penting untuk dipersiapkan dan dimiliki oleh para wisatawan dari luar kota. Beberapa warga Yogyakarta mengeluhkan tentang ketidaksopanan wisatawan yang menggunakan mobil pribadi di jalan raya. Yogyakarta adalah daerah istimewa yang “slow“, jadi kalau ingin menikmati liburan silakan ikuti irama pergerakan kehidupan di Yogyakarta. Jangan membawa keganasan lalulintas kota anda di Yogyakarta. Pengendara mobil jangan menyerobot jalur khusus kendaraan roda dua, pengendara kendaraan roda dua jangan menyerobot jalur pesepeda, dan pesepeda jangan menyerobot jalur khusus pejalan kaki. Hindari untuk melakukan tindakan tidak sopan, misal turun dari badan jalan dan mengambil trotoar untuk meletakkan ban kendaraan anda.

Hindari jalan utama. Yogyakarta memang sangat jarang mengalami kemacetan, tetapi untuk liburan akhir tahun ini entah kenapa beberapa ruas jalan utama sering macet. Pilih jalur-jalur alternatif untuk menuju obyek wisata yang ingin dikunjungi. Tanyakan kepada warga setempat, anda akan ditunjukkan jalur alternatif dikala macet. Orang Yogyakarta terkenal segan kalau anda sopan. Matikan mesin kendaraan anda jika ingin bertanya kepada orang di pinggir jalan, keluarlah dari mobil anda saat ingin bertanya. Kalau menggunakan sepeda motor, anda juga perlu melepas helm anda jika bertanya kepada orang. Begitu norma kesopanan yang perlu anda ketahui saat di Yogyakarta.

Pilihan obyek wisata. bagi orang luar kota, biasanya memilih beberapa obyek wisata yang cukup terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan. Pilih beberapa obyek wisata alternatif lain yang tidak banyak diketahui orang luar kota. Silakan tanya kepada kerabat di Yogyakarta, teman yang sedang tinggal di Yogyakarta, atau orang yang anda kenal yang tinggal di Yogyakarta. Mereka akan menyarankan obyek wisata “baru” yang tak kalah eksotik untuk dikunjungi. Tentu saja bukan tempat yang sangat ramai dan macet. Beberapa obyek wisata yang sangat ramai saat liburan akhir tahun adalah pantai Parangtritis, Keraton Yogyakarta, Bonbin, Malioboro, dan Prambanan. Anda bisa memilih pantai-pantai di Gunung Kidul semisal Indrayanti, Sundak, atau Wedi Ombo sebagai alternatif pantai Parangtritis dan Candi Ratu Boko sebagai alternatif dari candi Prambanan.

Payung. Benda ini mutlak sangat berguna karena saat ini Yogyakarta hampir setiap hari diguyur hujan. Curah hujan di Yogyakarta saat ini sedang pada posisi yang sangat tinggi. Berdasarkan pengalaman menggunakan ilmu titen, hujan di Yogyakarta rerata datang pada siang hari sampai menjelang sore, yaitu antara pukul 12.00 siang hari sampai pukul 17.00 sore hari. Ditambah kalau malam hari biasanya datang pukul 00.00 dini hari sampai pukul 02.00.

Sandal jepit. Sandal jepit merupakan bawaan yang perlu dibawa karena alasan hujan. Jangan memakai sepatu saat hujan karena saat ini curah hujan tinggi. Beberapa ruas jalan mengalami banjir saat hujan deras. Meski tak sampai setinggi mata kaki, tetapi sudah cukup kalau hanya sekedar membasahi sepatu. Berjalan-jalan dengan sepatu basah bukanlah pilihan yang nyaman, jadi sediakan sandal jepit untuk dipakai saat hujan.

Magelang. Sempatkan juga berkunjung ke Magelang untuk menikmati Ketep Pass, Candi Borobudur, rafting Kali Progo, air terjun Sekar Langit, Telaga Bleder. Beberapa obyek wisata di Magelang memang tidak seterkenal obyek wisata di Yogyakarta tetapi tidak kalah menarik dengan obyek wisata di Yogyakarta. Bagi penikmat wisata alam, naik ke puncak gunung Sumbing atau Merbabu adalah pilihan yang bagus untuk menikmati indahnya kembang api malam tahun baru.

Berwisata bertujuan untuk menyegarkan pikiran dan keluar dari rutinitas sejenak supaya anda “terlahir” layaknya manusia yang berpikiran jernih. Bawalah hal positif yang anda dapatkan selama liburan.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.