Statistik

Sebenarnya saya sedikit memperhatikan para pengunjung blog ini. Dalam artian saya sekedar memperhatikan perilaku pengunjung, bukan jumlah pengunjungnya. Saya tidak terlalu memusingkan mengenai jumlah pengunjung karena memang saya tidak mengejar pengunjung yang banyak. Melihat statistik pengunjung adalah hal yang menyenangkan. Lagi lagi bukan statistik jumlah pengunjung, melainkan perbandingan pengunjung yang datang melalui berbagai cara.

Berdasarkan sumber kedatangan (traffic source), pengunjung blog ini memiliki porsi yang hampir sama. Pengunjung dari mesin pencari sebanyak 38% dari total pengunjung. Pengunjung yang datang dari klik di website/blog lain ada sekitar 31%, dan begitu juga pengunjung yang berkunjung langsung dengan mengetikkan alamat blog ini di web browser mereka sebanyak 31%.

Berdasarkan web browser yang pengunjung gunakan, Mozilla Firefox masih mendominasi disusul dibawahnya ada Google Chrome. Firefox mendominasi lebih dari separuh pengunjung, 54% dari total pengunjung. Angkanya hampir seperti perhitungan kemenangan Jokowi dalam pilkada putaran kedua saja. Google Chrome menduduki peringkat kedua dengan perolehan 28% dari total pengunjung. Di bawahnya secara berurutan ada Opera Mini (mobile), Safari Browser, Android Browser, Internet Explorer, Opera, Mozilla, Mozilla Compatible Agent, dan ada Blackberry Browser.

Dari sisi jenis perangkat yang digunakan, pengguna desktop masih sangat mendominasi pengunjung. Pengguna desktop meraih angka 94% dari total pengunjung. Pengguna perangkat bergerak baik internet tablet maupun mobile phone hanya menguasai 6% dari total pengunjung.

Dari statistik diatas dapat diperoleh kesimpulan sederhana bahwa secara seimbang pengunjung datang dari mesin pencari, related link, dan direct browsing. Pengunjung kebanyakan menggunakan web browser Firefox. Perangkat komputer (desktop dan laptop) mendominasi sebagai jenis perangkat yang kebanyakan digunakan oleh pengunjung.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.