Samsat Cepat Magelang

Orang Bijak Taat Bayar Pajak, begitu katanya yang di iklan. Nah saya ternyata termasuk kurang bijak karena saya bayar pajak tidak tepat waktu. Kenapa tidak tepat waktu? Ya sebenarnya saya harusnya bayar pajak kendaraan bermotor saya itu tanggal 22 April 2010 besok, tapi saya sudah mendahuluinya dengan bayar tanggal 20 April 2010. Artinya kan tidak tepat waktu, wong saya bayar sebelum waktunya.

Berbeda dengan tahun kemaren, tahun kemaren saya sempat dibuat frustasi gara-gara antrian yang lama dan prosedur yang harus muter-muter lama sekali. Tahun ini saya cukup butuh waktu 3 menit untuk bayar pajak kendaraan bermotor. Apa yang beda? Saya bisa cepet bukan karena lewat “jalur belakang”. Saya murni lewat jalur depan, bahkan saya ndak perlu turun dari kendaraan lho buat bayar pajak kendaraan bermotor.

SAMSAT CEPAT adalah solusi agar tidak dibuat frustasi. Kalau anda dari Semarang mau ke Jogja lewat terminal Sukarno-Hatta Magelang, maka anda pasti melaluinya. Ya tempatnya sebelum anda sampai di terminal Magelang, kiri jalan setelah bangjo canguk (begitu wong Magelang menyebutnya).

Apa syarat-syaratnya? Yang perlu anda bawa adalah BPKB asli, STNK asli, KTP/SIM asli, dan kendaraan yang mau dipajeki. Cuma itu? Ya masih ada lagi, duit buat bayar pajak harus disiapkan juga.

Bagaimana prosedurnya? Anda cukup datang ke SAMSAT CEPAT, hanya ada dua loket. Loket pertama adalah tempat anda menyerahkan dokumen berupa BPKB asli, STNK asli, KTP/SIM asli (KTP/SIM pemilik sesuai yang di BPKB). Setelah anda menyerahkan dokumen tersebut, anda tinggal maju sedikit (2 meter) menuju loket kedua, di loket kedua inilah anda bayar pajak sekaligus mengambil dokumen BPKB asli, KTP/SIM asli, beserta STNK dan bukti pembayaran pajak anda yang baru. Selesai dalam waktu kurang dari 4 menit.

Apa keistimewaannya? Samsat Cepat adalah sebuah one stop site bayar pajak kendaraan bermotor yang semua proses dilakukan secara online. Jangan heran kalau saya hanya butuh waktu 3 menit untuk bayar pajak kendaraan bermotor.

Perlu diingat bahwa SAMSAT CEPAT yang di Magelang ini melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor untuk wilayah se-Jawa Tengah, jadi tidak hanya yang dari Magelang saja yang bisa bayar pajak di Samsat Cepat. Anda mahasiswa asal Semarang, Kendal, Cilacap, Brebes, Pati, atau yang masih wilayah Jawa Tengah yang lagi kuliah di Yogyakarta kebetulan kehabisan pajak buat kendaraan bermotor, tidak perlu capek-capek balik ke Kota anda buat bayar pajak kendaraan, anda tinggal datang ke Magelang menuju SAMSAT CEPAT.

Sayang sekali saat ngobrol dan tanya apakah saya boleh foto-foto ternyata ndak boleh foto. Padahal maunya dengan adanya foto-foto kan bisa ikut mempopulerkan SAMSAT CEPAT. Jadinya saya cuma dapet satu foto di luar itu pun hanya syarat-syarat saja. Saya yakin belum banyak orang yang tahu kalau bayar pajak kendaraan sekarang bisa dilakukan dalam waktu kurang dari 4 menit bahkan untuk mobil tanpa turun dari kendaraan. Semoga denga posting ini tak lagi banyak orang frustasi bayar pajak motor gara-gara ngantri.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.