Personalisasi Gnome Ubuntu 8.10

Saya sempat bingung bagaimana memilih antara Open SuSe atau Ubuntu (tambah lagi ama Mandriva). Tapi akhirnya saya pilih Ubuntu Intrepid Ibex (Ubuntu 8.10) untuk di-install di laptop. Selesai instalasi, dapat masalah baru. Instalasi driver Wireless Atheros dan VGA Nvidia GeForce 7000M. Perlu diketahui saya menggunakan laptop Acer seri 4520. Live CD yang saya download belum menyertakan driver keduanya (hanya support saja). Saya sempat mencoba pada laptop lain yang arsitektur-nya Intel Dualcore, VGA GMA3100, Broadcomm Wireless. Semua lancar tanpa perlu install driver VGA dan wireless, dalam artian semua driver terinstal bersamaan dengan instalasi Ubuntu Intrepid Ibex.

Langkah pertama adalah mencoba koneksi internet menggunakan Wireless (dan berhasil), selanjutnya Update Software dan Kernel. saya menggunakan repsitory dari mirror-nya UGM (http://repo.ugm.ac.id). Selesai update, langkah selanjutnya personalisasi, salah satu yang menarik adalah feature pada CompizConfig. Disini banyak sekali pengaturan “desktop effect”.

Saat personalisasi Desktop. saya menemukan hal yang sangat menarik dan perlu dicoba. saya berhasil mengubah tampilan menjadi mirip Apple Mac (OS Mac-Leopard). Sebenarnya bisa juga tampilan dibuat sama (persis) dengan Windows (baik itu XP maupun Vista), bahkan saya pernah mencoba membuat tampilan seperti Windows 7 (yang hingga saat ini masih versi Beta), dan so great, BERHASIL.

Bagi sebagian orang pasti menganggap bahwa Operating System (OS) yang namanya LINUX. Memang ini bukan hasil survei, tetapi kenyataan ketika saya menawarkan teman untuk menggunakan LINUX OS (lebih khusus UBUNTU ataupun SuSe), pasit komentar pertama “gak bisa mengoperasikan LINUX”. Ini yang membuat saya dulu tertarik menggunakan LINUX. Ketika orang lain menganggap LINUX itu susah, saya belajar dan mencoba untuk lebih dahulu tahu tentang linux. Dan akhirnya saya sekarang lebih menyukai menggunakan LINUX (Ubuntu) daripada OS dari Microsoft (Windows).

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.