Pasar Desa Tegalrejo

Tempat Belanja Wong Candimulyo

Pasar Desa Tegalrejo merupakan pasar desa yang dibangun oleh pemerintah Kabupaten Magelang menggunakan APBD tahun 2008. Pasar Desa ini sebagai pengganti pasar lama yang letaknya tak jauh dari pasar desa yang baru. Rencananya lokasi pasar lama akan dijadikan sub-terminal untuk angkutan umum yang melayani rute antar kecamatan di sekitaran Tegalrejo. Pasar Desa Tegalrejo mulai difungsikan pada pertengahan September 2011.

Pasar Desa Tegalrejo ramai setiap hari mulai dari pagi hingga menjelang siang. Meski begitu tetap ada pedagang yang masih berjualan sampai sore hari. Sebagai pasar yang relatif baru, kondisi pasar masih terlihat sangat bagus dan terawat. Bagian depan pasar adalah bangunan utama berupa kios-kios baik di sisi luar maupun di sisi dalam bangunan. Sedangkan di belakang bangunan utama adalah lapak-lapak yang saling sejajar dan sangat teratur. Lebih ke belakang lagi merupakan tempat bagi penjual los, yaitu yang menggelar dagangannya secara lesehan.

Kios bagian depan bangunan utama pasar didominasi oleh penjual pernak pernik dan alat rumah tangga. Di sisi kanan didominasi dengan penjual mainan anak-anak dan di sisi kiri didominasi penjual buah-buahan. Kebanyakan penjual daging dan sayuran berada di lapak belakang bangunan utama atau di los lebih belakang lagi. Di bagian dalam sebelah kiri bangunan utama kebanyakan didominasi dengan kios-kios kuliner sedangkan bagian dalam sebelah kanan kebanyakan diidi oleh penjual bahan-bahan pokok seperti beras, gandum, dan sejenisnya.

Penjual di Pasar Desa Tegalrejo tidak terlalu mengeluhkan berkurangnya pelanggan atau pengunjung pasar. Hal ini bisa dimaklumi karena lokasi pasar yang baru memang tak jauh dari pasar lama. Begitu pun para pembeli tidak lantas kecelik saat menuju pasar Tegalrejo karena memang sudah diinformasikan jauh hari bahwa pasar akan pindah ke lokasi yang tadinya merupakan kantor Kecamatan Tegalrejo.

Pasar Desa Tegalrejo memiliki fungsi yang sangat strategis bagi warga Kecamatan Tegalrejo dan Kecamata Candimulyo. Bagi masyarakat Tegalrejo tentu saja pasar ini strategis karena bisa dikatakan sebagai pasar utama di Kecamatan Tegalrejo. Bagi masyarakat Kecamatan Candimulyo, Pasar Desa Tegalrejo saat ini merupakan pilihan utama, menggeser posisi pasar Rejowinangun di Kota Magelang. Selain itu Pasar Desa Tegalrejo menjadi primadona bagi masyarakat Candimulyo karena di Candimulyo memang belum ada pasar besar.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.