Pantai Ngobaran, Keberagaman di Pantai Selatan

Gunung Kidul cukup dikenal atas kekayaan pantai-pantai wisata yang indah di sisi Selatan. Ya, Gunung Kidul memang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia di bagian Selatan. Ombak yang cukup besar dan angin yang terkadang sangat kencang menjadi berkah tetapi tetap harus diwaspadai. Dari sederetan pantai yang membentang sepanjang bibir pantai Gunung Kidul, kompleks Pantai Ngobaran adalah salah satu pantai yang sangat berbeda dibandingkan kompleks pantai lainnya.

Ngobaran memang bukan tempat yang aman untuk bermain air laut. Namun, Ngobaran menawarkan keindahan deburan ombak dan suara hantaman ombak di tepi tebing. Bukan deburan ombak dan suaranya yang menjadi pemikat utama dari pantai ini. Keberadaan bangunan-bangunan peribadahan tepat di pinggir pantai adalah kelebihan utamanya. tentu sangat indah menikmati keindahan laut yang disandingkan dengan bangunan-bangunan dengan nilai seni tinggi.

Terdapat bangunan bercorak Hindu, Budha, Islam, Kristen, Katholik, dan bangunan Kejawen di pantai Ngobaran. Sementara masih dalam proses perencanaan pembangunan yaitu Klenteng. Seluruh bangunan yang saling berdampingan ini merefleksikan keberagaman agama dan kepercayaan di Indonesia dan keharmonisan dalam berinteraksi. Salah satu yang unik di Ngobaran adalah arah kiblat tempat peribadatan Islam menghadap arah Selatan. Tentu bukan berarti saat beribadah kiblatnya ke Selatan. Seluruh bangunan dibangun tepat di bibir pantai. Bahkan terdapat tempat peribadahan umat Hindu yang berada di ketinggian tepat di atas tebing.

Kalau mengidentikkan wisata pantai dengan pasir dan bermain air laut, tentu saja Ngobaran bukan pilihan. Turis tidak perlu merasa kecewa, tepat di samping pantai Ngobaran terdapat pantai kecil yang cukup aman untuk bermain air. Tak sampai berjarak kilometer, cukup melangkahkan kaki sejauh kira-kira 200 m terdapat pantai berpasir putih yang dapat dijadikan area bermain air laut. Tentu saja pantai ini merupakan obat yang menutupi kekecewaan atas kekurangan dari pantai Ngobaran. Karena jarak yang sedemikian dekat dari pantai Ngobaran, wisatawan banyak yang menganggap pantai ini masih dalam kompleks pantai Ngobaran.

Urusan kuliner, di pantai Ngobaran sudah terdapat warung-warung kecil yang dikelola warga sekitar Ngobaran. Bila tak puas, di sebelah pantai Ngobaran terdapat pantai Ngrenehan. Pantai Ngrenehan merupakan tempat pelelangan ikan bagi para nelayan yang baru saja pulang melaut, dan tentu saja terdapat warung-warung kecil yang menyajikan hasil olahan ikan segar.

Jika dihitung, terdapat tiga pantai yang saling berdekatan di sekitar Ngobaran. Ketiga pantai ini saling melengkapi dengan daya tarik utamanya adalah pantai Ngobaran. Pantai Ngobaran menyajikan filosofi keharmonisan dan keberagaman hidup di Indonesia dalam beragama dan menganut kepercayaan. Selain keindahan arsitektur bangunan peribadahan, tentu saja urusan wisata pantai tetap bisa dihadirkan di kompleks pantai Ngobaran. Bermain air bisa, kuliner bisa, dan obyek untuk potret eksotik banyak.

 

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.