Ngapain Nge-Blog?

Wuoiy…. Begitu SMS dari salah satu teman yang memang sudah lama sekali tidak saling komunikasi. Oh iya, saya hampir lupa kalau masih punya teman yang satu ini. Maaf….

Beberapa kali perbincangan lewat SMS layaknya chatting, ternyata setelah dicermati pembicaraan mulai ke arah web blog. Jadi ceritanya sedulur saya ini pengen sekali blog-nya bisa aktif lagi. Perbincangan mengalir hingga saya tahu, ternyata sedulur ini sudah nge-blog sejak kelas dua SMA, blog-nya lebih tua dari blog saya ternyata. Sedulur saya ini mengeluh karena sudah hampir tiga tahun kehilangan sense of blogging.

Lagi-lagi saya sedikit berkilah dan beralasan serta sedikit bercerita kenapa saya blogging. Jadi saya punya tiga jenis alasan kenapa saya blogging. Pertama alasan yang saya dapat dan membuat saya berkeinginan memiliki sebuah web blog. Kedua alasan tambahan kenapa saya makin semangat blogging. Ketiga adalah alasan tersier biar orang lain jadi ikut bersemangat blogging.

Awal mula saya blogging karena saya kepincut melihat halaman web seorang teman saya di geofisika Freedom and Faithfull Zone (fraithzone.blogspot.com). Ketika saya tanya ternyata Mas Sony ini emang sejak jaman pleistocene SMA sudah memulai kehidupan sebagai seorang blogger, meski awalnya sebatas tempat curhat gara-gara tidak punya teman curhat (kalo gak salah sih sampai sekarang ya masih jadi tempat curhat). Jadi alasan pertama saya sangat sederhana, kepengen. Dan ternyata serta-merta teman-teman seangkatan saya jadi banyak yang ikut-ikutan kepengen blogging. Dari mulut ke mulut yang bau itu mulailah tersebar wabah demam blogging yang tinggi di kalangan geofisika ugm 2007. Ah namanya juga ngepop, sekarang hanya tinggal beberapa aja yang masih sering nulis di blog. Termasuk disini ada Mas Sony, Mas Abi, Mas Nahdhi, Mas Ali.

Setelah beberapa waktu menikmati blogging, saya mulai kenal dengan Ndoro Seten yang dari buah tangannya mengenai kopdar akbar pendekar tidar saya jadi mengenal istilah blogging for society. Bergabung-lah saya di Komunitas Blogger Magelang ajejuluk Pendekar Tidar dengan ikon kopdarnya bernama GETHUKAN tiap hari Sabtu pas minggu pertama dan ketiga di ringin tengah Alun-Alun Kota Magelang. Suasana tenggangrasa, saling berbagi, kebersamaan (haflah) dan kekeluargaan (silaturahmi) yang timbul dalam sebuah wadah paseduluran tanpa batas ini yang membuat saya semakin menghayati kesunyian blogging dalam diri saya selama ini. Blogging tak lagi hanya sebuah keinginan, blogging menjadi sebuah kebutuhan sekunder ghairu muakad untuk menjadikan diri saya lebih manusia dan memanusiakan manusia. Secara sederhana alasan kedua saya adalah, kehidupan sosial.

Kembali ke awal mula posting ini, saya akhirnya sedikit beralasan kenapa saya blogging. Saya blogging karena dengan blogging saya belajar untuk menyajikan tulisan agar menarik dan menggelitik pembaca untuk ikut berpikir, saling berkomentar sehingga terjadi interaksi. Belajar menjadi pribadi yang kritis, dinamis, responsif, dan peka terhadap segala bentuk situasi dan kondisi. Minimal blogging bisa jadi buku catatan mengenai apa yang selayaknya saya catat. Jadi alasan ketiga yang sudah dari beberapa paragraf awal saya tulisan sebagai alasan tersier, saya blogging adalah belajar.

Keseluruhan dari alasan-alasan ini jika dirangkai akan menjadi sebuah kalimat aneh dan rancu. Blogging bagi saya adalah keinginan untuk berperikehidupan sosial untuk menggapai sebuah pembelajaran. Saya rasa bukan sebuah cita-cita yang muluk ataupun tinggi, ah yang penting bisa tercapai.

Beberapa kata kunci dalam tulisan ini diantaranya belajar, sosial, keinginan, berbagi, semangat. Dari kata kunci itu saya bisa membuat sebuah rule mengenai apa yang saya tulis dalam blog ini. Bagaimana sekarang saya menggethoktularkan dan berbagi citarasa blogging ini untuk sedulur-sedulur saya di Magelang, untuk merealisasi tagging nya Magelang GoBlog?

Sedulur-sedulur yang menginginkan abstraksi paseduluran tanpa batas bersama balatidar silahkan datang ke acara GETHUKAN, kopdar-nya Komunitas Blogger Magelang yang diadakan setiap hari Sabtu jam 15.00 pas minggu pertama dan minggu ketiga setiap bulan bertempat di ringin tengah Alun-Alun Kota Magelang. Tidak harus menjadi seorang blogger terlebih dahulu untuk bisa datang GETHUKAN, tidak harus menjadi seorang Magelang pula untuk bisa mencicipi GETHUKAN.

Tulisan mengenai gethukan:
http://pendekartidar.org/usul-gethukan.php
http://pendekartidar.org/haflah-gethukan.php
http://pendekartidar.org/kopdar-gethukan-awal-tahun.php

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.