Mix n Match Server

Hybrid yang saya maksud bukan memanfaatkan dua server atau lebih dari tempat berbeda untuk menempatkan website yang sama agar bisa lebih cepat diakses dari tempat-tempat tertentu yang berlainan (slave cluster server). Hybrid yang saya maksud sekedar membagikan beban “pengelolaan” sebuah halaman website ke dua server atau lebih. Dalam hal ini menjadikan satu server sebagai pengolah dan pengeksekusi perintah-perintah pemrograman web, server lainnya sebagai tempat menempatkan file-file pendukung dari server utama.

Sebagai contoh adalah seperti blog omahmiring.com. Server utama dari blog adalah server IIX yang berada di Indonesia. Tetapi seluruh gambar background dari theme yang digunakan ditempatkan di imageshack.us dan gambar-gambar posting sebagian besar ditempatkan di picasaweb (google server). Disini terdapat penghematan-penghematan disk space server utama dan tentunya juga penghematan bandwidth dari server utama.

Ini tentunya akan menjadi sebuah penghematan yang cukup besar dari segi hosting karena tidak perlu membeli hosting dengan disk space besar dan bandwidth besar. Tetapi sebenarnya terdapat beberapa kelemahan dari metode ini.

Ketika melalui sebuah proxy ternyata dari salah satu server diblokir maka tampilan web tidak akan sempurna. Katakanlah kita menggunakan proxy dalam jaringan, tetapi salah satu dari server dimana kita menempatkan gambar background theme tidak dapat terkoneksi atau diblokir oleh proxy server, maka tampilan yang muncul adalah tampilan website tanpa gambar-gambar background.

Selanjutnya untuk membentuk hybrid server ini perlu sedikit pengetahuan tentang CSS untuk mengganti URL gambar background. Ditambah lagi untuk meletakkan gambar (semisal dalam posting), tidak semua sistem cache thumbnail (misal timthumb.php) bisa menerima gambar dari server lain, biasanya hanya bisa dari server yang sama dengan pengeksekusi perintah timthumb itu sendiri.

Jika bisa pintar-pintar memilih, kita tentunya bisa melakukan penghematan pengeluaran untuk hosting website. Misal untuk meletakkan gambar, kita bisa mengguakan layanan picasaweb-nya google. Disini kemungkinan server picasaweb terblokir oleh jaringan sangat kecil, siapa sih yang tidak pernah mengakses mesin pencari nomor wahid saat ini? Hampir semua jaringan di jagad ini membuka lebar-lebar pintu menuju server google. Setidaknya dengan free account di picasaweb kita dapat hosting gambar hingga 1GB, saya kira cukup kalau sekedar menjadikan gambar sebagai unsur pendukung sebuah posting. Masih kurang? Tinggal buat account baru dan akan dapat tambahan lagi 1GB, begitu seterusnya.

Alternatif lain yang bisa dipakai dengan menggunakan Flickr, Photobucket, TinyPic, atau image hosting lainnya yang menyediakan direct image url. Untuk file pendukung lain, misal dokumen office kita bisa memanfaatkan free hosting atau free uploader untuk sekedar menempatkan file yang kita upload saja.

* judul posting ada SPL dalam tanda kurung artinya bukan Sistem Persamaan Linear tetapi “Solusi Penghematan Lain”.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.