Menggambar Sederhana Dengan C

Tutorial kali ini adalah mengenai sphere atau bola. Berbeda dengan tutorial gambar geometri sebelumnya yang menggunakan MATLAB, kali ini menggambar geometri dengan POVRAY. Povray bisa diperoleh gratis di http://povray.org dan support untuk banyak sostem operasi. Povray support dengan Windows, Linux, maupun Mac OS. Povray adalah software yang saat ini gratis meski mengikuti lisensi berbeda dari kebanyakan software gratis. Silakan sebelum menggunakan Povray lebih lanjut ada baiknya membaca license agreement terlebih dahulu.

Setelah mendownloadnya, silakan install. Sebelum memulai menggambar ada baiknya anda membayangkan terlebih dahulu apa yang akan digambarkan. Yang perlu dibayangkan adalah bentuk benda, warna benda, sumber cahaya, darimana benda itu dilihat, serta fokus penglihatan.

Penggambaran kali ini berupa bola 3 dimensi, penggambaran ini bisa dijadikan dasar-dasar penggambaran medan potensial antara dua titik muatan yang saling berjauhan.

Sebagai contoh, kali ini saya akan menggambar sebuah bola berwarna hitam dengan titik pusat bola ada di titik pusat koordinat (tengah – 0,0,0) jari-jari bola adalah 2. Saya melihat dari posisi depan (0,0,-Z). Posisi sumber cahaya berwarna putih ada di sebelah kanan atas saya (45 derajat).

Berikut ini adalah program beserta penjelasan yang perlu dituliskan untuk menggambar sesuai dengan yang saya deskripsikan tadi.

#include "colors.inc" // file library untuk menambahkan warna
camera {
location <0, 0, -5> // <x,y,z> <= posisi mata / kamera
look_at <0, 0, 0> // <x,y,z> <= arah mata / kamera melihat
}
sphere { // membuat lingkaran, utamanya berisi geometri dan rupa
<0, 0, 0>, 1; // menentukan geometri: <x,y,z> <= koordinat pusat , 1 <= jari-jari
texture { // digunakan untuk mengatur rupa
pigment { // warna kulit / permukaannya
color rgb <1.0,1.0,1.0>; // <red,green,blue> <= intensitas warna
}
}
}
light_source {
<10, 10, -5>
color White // pencahayaan <x,y,z> <= lokasi sumber, "white" warna sumber
}

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.