Mengatur Parental Control Windows 7

Parental Control berguna untuk memonitor dan mengatur penggunaan komputer oleh anak. Dalam Windows 7 sudah terintegrasi Parental Control. Hal ini sangat berguna ketika komputer yang digunakan adalah komputer bersama di rumah. Maksudnya komputer bersama adalah komputer yang bisa digunakan siapa saja dalam lingkungan keluarga baik itu orang tua, anak, atau jika memang diijinkan juga guests.

Bagaimana mengatur parental control pada Windows 7? Dalam tutorial ini digunakan Windows 7 Professional SP1 x64 dan login sebagai administrator. Ada user bernama teenager yang akan dibatasi penggunaan komputernya. Langkah pertama adalah masuk ke Control Panel, User Accounts and Family Safety, selanjutnya pilih Setup parental controls for any user. Pilih user yang akan diatur penggunaannya (misal dalam contoh user Teenager).

Bila sudah masuk ke bagian Set up how <user> will use the computer, pilih radio button pada On, enforce current settings. Selanjutnya klik Time limits, tentukan kapan user boleh login ke komputer. Warna biru adalah tanda bahwa user tidak dapat login.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.