Membandingkan Boot OS

Selama bulan Oktober kemaren setidaknya ada dua Sistem Operasi komputer yang launching versi baru. Ubuntu dengan versinya 9.10 (Karmic Koala) pas tanggal 29 Oktober 2009, dan selang seminggu sebelumnya Microsoft mengeluarkan Windows7 tanggal 22 Oktober 2009. Posting kali ini tentang perbandingan Start Up dan Shut Down time dua Operating System tersebut. Sebagai pembanding saya sertakan untuk WindowsXP. Semua menggunakan Laptop yang sama Compaq 515.

Uji coba dilakukan berulang dua kali untuk masing-masing OS. Ubuntu 9.10 (AMD64) saya unduh dari Repo UGM, Windows7 (Ultimate) saya unduh resmi dari Microsoft setelah mbayar lebih dari 300USD untuk satu lisensi (larang tenan), kemudian Windows XP (Pro 32bit build 2600) BOX dapat dari temen saya gara-gara yang punya udah ada Windows Vista OEM, suruh beli aku bilang ngutang sik. Perhitungan ini adalah perhitungan menggunakan jam dinding (untuk detail sampai milisekon saya tidak menghitung). Berikut ini hasilnya:

PARAMETER

Ubuntu 9.10

Windows7 Ultimate 64

Windows XP Pro 32

Start Up

44 detik

40 detik

35 detik

Mozilla Firefox 3.5

3 detik

4 detik

3 detik

Shut Down

8 detik

11 detik

10 detik

Hasil ini tentunya bisa berbeda tergantung dengan sistem komputer yang anda pakai. Dari dua perbandingan ini, terlihat tidak ada perbedaan yang signifikan antara Ubuntu 9.10 dengan Windows7. Tergantung pilihan dan rasa saja. Selain itu tentunya Ubuntu 9.10 lebih menarik karena Open Sources dan lebih menantang bagi yang memiliki rasa penasaran tinggi. Tetapi Windows7 juga menarik untuk yang sebelumnya sudah memakai Windows XP atau Windows Vista.

Tiga boot OS sekaligus? Gak masalah selama ruang harddisk anda memiliki banyak sisa dan yang penting lagi, uang anda cukup buat beli lisensi untuk OS yang berbayar. Iya to?

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.