Mbecak

Saya masih tidak mengerti dengan satu orang tukang becak di titik nol Jogja, tempat biasa cahandong mangkal juminten. Apa hubungannya tukang becak ama cahandong? Ya jelas ada hubungannya, tukang becak ini yang sering berada di dekat pangkalan CA namun mungkin luput dari pengawasan cahandong. Sedikit memiliki perhatian terhadap CA meski gak pernah mengenal apa itu internet. Lha kok sampeyan tau?

Sedikit tips buat anda. Seperti kebiasaan orang Jawa, tak perlu harus tau identitasnya untuk mengeksplorasi apa yang ada di pikiran orang. Ketika awal pembicaraan jangan sesekali menyentuh area privat identitas-nya. Menanyakan identitas di awal pembicaraan dianggap lancang dan tidak sopan, anda akan dianggap orang yang agresif. Kebanyakan orang Jawa tidak menyukai cara-cara agresif seperti itu. Kalau memang perlu identitas, tanyakan pada akhir pembicaraan setelah suasana pembicaraan lebih santai dan batas interpersonal semakin tipis, itu lebih berkesan.

Ini sedikit cuplikan gojeg kere antara saya (N) dengan salah satu penggiat becak yang biasa mangkal di titik nol, sebut saja pak Giyanto (G). Terjadi pada acara kopdar CA spesial hari batik (sembari nunggu orang ndremimil). Tapi gak ada hubungannya sama perbatikan Indonesia.

N: Sepi nggih pak? (sepi ya pak?)

G: Ho’o ki mas, yo pancen biyasane koyo ngene iki. Saiki ki angel mas golek penumpang sing gelem mbecak. (Iya ini mas, memang seperti ini. Sekarang susah cari penumpang yang mau naik becak.)

N: Lha le pripun niku pak? (Kenapa begitu pak?)

G: Lha delok wae saiki wis ono bis pemerentah (Trans Jogja, red), akeh montor, akeh pit. Ora koyo biyen lah mas. (Lihat saja sekarang sudah ada Trans Jogja, mobil, motor. Gak seperti dulu.)

N: Sampun pinten taun pak narik becak? (Sudah berapa lama jadi tukang becak pak?)

G: Wah aku sih anyaran mas, nang kene gek nem taun (6 tahun, red). Kuwi termasuk gek ntes nek jenenge mbecak. (Wah saya masih baru mas, disini baru enam tahun. Itu termasuk belum lama untuk ukuran tukang becak.)

N: Mboten wonten sing protes nopo nggangu nek mangkal teng mriki? (Gak ada yang protes atau ganggu kalau mangkal di sini?)

G: Yo sukur nganti saiki ora ono. Paling mung nek pas njero benteng ono acara mung kon pindah nang samping kono kuwi. (Ya syukur nyampe sekarang belum ada. Paling Cuma kalau dalam benteng ada acara cuma suruh pindah ke samping jalan itu.)

N: Lha biyasane sedinten angsal pinten? (Biasanya sehari dapat berapa?)

G: Durung mesti. Nek pas rame yo pol mung seket ewu, nek sepi malah kedong ra oleh. (Belum tentu. Kalau pas ramai ya paling banyak dapet limapuluh ribu, kalau sepi malah kadang gak dapet apa-apa.)

N: Nek bule lak nggih seneng sing tradisional to pak? (Tapi turis asing kan suka naik yang tradisional kan pak?)

G: Lha aku ki bingung le meh nawani mbecak nang londo-londo (turis asing, red). Ora ngerti ukarane. (Saya tu bingung gimana menawarkan naik becak ke turis asing. Gak tau kalimatnya.)

N: Trus nek wonten bule numpak becak mbayare pripun? (Kalau ada orang asing yang naik becak gimana bayarnya?)

G: Biyasane yo mung tak genahi duwit selawe ewu, londo-ne mengko ngekeki duwit sing podho karo sing tak genahke mau. (Biasanya cuma saya tunjukkan uang 25 ribu, turisnya nanti ngasih uang yang sama seperti yang saya tunjukkan tadi.)

N: Nek mangkal ndalu tekan jam pinten? (Kalau mangkal malam nyampe jam berapa?)

G: Yo ra ono jam-jaman. Teko nang kene terus, ibarate koyo keong. Becak ki koyo omah digowo nang ndi-ndi, turu mangan nang nduwur becak, ning nek nguyuh yo ora. (Ya tidak ada batas waktu. Disini terus, ibarat seperti keong. Becak itu seperti rumah dibawa kemana-mana, tidur makan di atas becak, tapi kalau kencing nggak.)

N: Paling tebih nek narik becak tekan pundi pak? (Paling jauh narik becak nyampe mana?)

G: Yo tergantung mas, wis tau narik tekan Monjali seko kene iki. Kesel ning yo pancen nggo nyukupi kebutuhan ki piye maneh. Ibarate meh nyekolahke anak ki sing penting anak kecukupan. Mengko mesti ono wae dalan rejeki sing penting lak ra ngganggu liyane. (Ya tergantung penumpang mas, pernah nyampe Monjali dari sini. Capek tapi ya memang buat nyukupi kebutuhan mau gimana lagi. Ibarat mau menyekolahkan anak itu yang penting anak tercukupi. Nanti pasti ada jalan rejeki yang penting gak ganggu orang lain.)

N: Putrane sekolah teng pundi? (Anaknya sekolah dimana?)

G: Kae gek lulus STM taun wingi wis kerja nang Bengkel honda Jakarta. (Baru aja lulus kemaren dan udah kerja di Bengkel sepeda motor di Jakarta.)

N: Nggih lumayan lah pun saged urip kiyambak ngurangi beban. (Ya lumayan lah setidaknya sudah punya modal hidup sendiri mengurangi beban.)

G: Ha yo mbuh ki kok ndilalahe teko iso. Nek dietung lak ra cucuk to. Sedino mung sepuluh ewu iso nganti anak lulus STM. (Ya itu gak tau kok bisa. Kalau dihitung kan gak mungkin. Sehari Cuma 10 ribu kok anak bisa nyampe lulus STM.)

N: Niki nek ndalu malem setu pancen cah-cah niki sok ngumpul teng mriki? (Kalau Jumat malam anak-anak di depan ini sering ngumpul di sini?)

G: Ora ngerti mas, aku sing nang kene ket biyen wae saben ngerti cah-cah kuwi yo teko aku dinengke wae kok. Sing penting lak aku ra ngganggu to. (Gak tau mas, saya yang dari dulu di sini aja tiap tau ada anak-anak itu ya mereka diem aja gak ngajak ngobrol sedikitpun. Yang penting kan saya gak ganggu.)

N: Pa’e ngertos niki cah-cah saking pundi? (Tau gak pak ini anak-anak dari mana?)

G: Yo ra ngerti mas. Pokoke biyasane nang kene iki. (Ya gak tau mas. Pokoknya biasanya disini.)

N: Niki lak rencang-rencang sing seneng nulis ning internet. (Ini kan teman-teman yang suka nulis di internet.)

G: Internet ki opo mas? (Internet itu apa mas?)

N: Wah pripun nggih. Nggih kados koran niko lho. Nulis-nulis ben saged diwaos tiyang. (Wah gimana ya. Ya seperti koran itu. Nulis biar bisa dibaca orang lain.)

G: Wah aku ra mudeng mas sing koyo ngono kuwi. Nek moco koran ngerti. Aku ki nek meh sinau meneh wis isin wong wis tuwo. (Wah saya gak tau yang kayak gitu. Kalau baca koran saya tau. Saya itu mau belajar lagi udah malu soalnya udah tua.)

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.