MATLAB GPU Benchmarking

Benchmarking GPU menggunakan MATLAB tidak umum dilakukan oleh para penggemar gaming rig. Benchmarking yang dilakukan oleh para gamer enthusiast kebanyakan dilakukan untuk mengukur kemampuan GPU dalam melakukan pekerjaan grafis. Meski hasil dari benchmark grafis biasanya akan sebanding dengan kemampuan dalam melakukan general computing GPU,tetapi pada dasarnya general computing GPU membutuhkan hasil yang lebih mendalam atau lebih detail. Misal paling sederhana adalah pada grafis game tidak banyak diperlukan kemampuan penanganan variabel presisi ganda (double precision) sedangkan dalam general computing kemampuan double precision justru lebih diutamakan demi memperoleh hasil yang lebih teliti. Contoh lain adalah fitur ECC (Error Code Correction) pada memori game tidak relevan dan kebanyakan tidak digunakan sedangkan pada memori untuk komputasi fitur ECC diperlukan. Dari dua contoh ini dapat dibuat kerangka kesimpulan sederhana bahwa kartu grafis untuk game tidak memerlukan kemampuan double precision yang handal dan tidak memerlukan keberadaan ECC memory sedangkan untuk kartu grafis yang dikhususkan untuk general computing (GP-GPU) kemampuan penanganan variabel double precision sangat diutamakan dan keberadaan memori ECC merupakan kelebihan yang sangat penting.

GPUBench merupakan salah satu aplikasi tambahan pada MATLAB yang dapat digunakan untuk melakukan benchmarking GPU. Kelebihan dari GPUBench adalah kemampuan melakukan test terhadap GPU dan mikroprosesor host. Hasil test ditampilkan dalam format HTML yang dapat dilihat melalui web browser di komputer. Kekurangan dari GPUBench yaitu pengujian GPU hanya dilakukan terhadap satu buah GPU sehingga belum bisa melakukan pengujian untuk multiple GPU (misal Dual SLI, Triple SLI, maupun Quad SLI). Artinya sekalipun pada workstation yang diuji sudah menggunakan Quad SLI tetapi tetap hanya satu GPU yang diuji. Selain itu juga belum menyertakan hasil pengujian jika komputasi dilakukan dengan “mempekerjakan” GPU dan CPU host secara bersamaan.

Pengujian yang pernah saya lakukan adalah pengujian untuk komputer dengan spesifikasi Intel Core i7 2600K @3,4 GHz, RAM 32GB DDR3 12800, 2 x GTX590 (Quad SLI), 2 x HDD 1TB RAID0 7200 rpm.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.