Lumia 430, Upgrade Bagi Pemilik Featured Phone

Lumia 430 Dual SIM

Microsoft baru saja merilis ponsel Lumia 430 Dual SIM di Indonesia. Microsoft sebagai penerus kejayaan Nokia Devices mengeluarkan ponsel bersistem operasi Windows Phone 8.1 untuk segmen low end. Ponsel Lumia 430 dirilis dengan harga kurang dari Rp 650.000,00 selama masa promo. Dengan harga yang memang menyasar segmen low end, Lumia 430 diharapkan menjadi pilihan upgrade bagi pemilik featured phone supaya beralih ke level smartphone.

Lumia 430 dibekali dengan memori internal 8GB, RAM 1024 MB (1 GB), dan Prosesor 1,2GHz Dual Core. Spesifikasi yang demikian sudah cukup untuk menyokong sistem operasi Windows Phone 8.1. Sebagai pembanding, Lumia 625H di kelas yang lebih tinggi memiliki spesifikasi prosesor yang hampir sama, bahkan dengan RAM lebih rendah (RAM 512 MB) sudah mampu menghandle aplikasi-aplikasi pada Windows Phone 8.1 dengan lancar. Tentu saja Lumia 430 memiliki performa lebih baik, meski dengan harga jauh dibawahnya.

Dengan kemampuan Dual SIM di Lumia 430, tak perlu lagi membawa HP banyak-banyak. Satu ponsel dengan dua nomor. Fitur Dual SIM banyak ditawarkan oleh pembuat featured phone. Dengan fitur Dual SIM di Lumia 430, pengguna featured phone yang tadinya menggunakan Dual SIM tak perlu takut untuk move on ke smartphone.

Fitur yang dikorbankan demi mencapai harga ekonomis dan terjangkau di segmen low end adalah kamera. Lumia 430 dibekali dengan kamera utama 2 MP. Meski beresolusi 2 MP tetapi dengan bilangan aperture yang lebih besar f/2.2 (kebanyakan kamera memiliki aperture f/2.4) Lumia 430 mampu menangkap cahaya lebih baik dibandingkan kamera ber-apertur lebih rendah dengan ukuran sensor kamera yang sama.

Lumia 430 dirilis untuk menyasar segmen Low End tetapi aplikasi dan fungsi Windows Phone 8.1 yang didalamnya tetap full feature, semua keunggulan dari Windows Phone 8.1 sudah ada di dalamnya.

Here Drive+ dan Here Maps yang menjadi unggulan bagi Windows Phone dengan offline maps dan voice guide-nya telah disematkan di dalamnya. Dengan offline maps, pengguna tak perlu harus terhubung jaringan internet untuk ber-navigasi ria. Tak perlu bingung dengan urusan bahasa, voice guide di Here Drive+ telah tersedia dalam Bahasa Indonesia.

Urusan dokumen, Lumia 430 dibekali dengan aplikasi Office. Membuka dokumen Microsoft Excel, Microsoft Word, maupun Microsoft PowerPoint bukan lagi masalah. Terlebih dengan dukungan penyimpan online OneDrive 15GB. Apa saja bisa disimpan online, bisa diakses dari mana saja dan kapan saja.

Bagi pengguna featured phone, Lumia 430 akan menjadi pilihan yang bagus dengan fitur-fitur smartphone khas Windows yang ada di dalamnya. Aplikasi Whatsapp, Line, BBM, Twitter, dan Facebook sebagai aplikasi wajib sebuah smartphone sudah tersedia di Windows Phone 8.1. Semuanya sudah All In di dalam Lumia 430.

Kehadiran Lumia 430 menjadi momentum yang bagus bagi pengguna featured phone move on dari HP yang ‘hanya’ bisa nelpon dan SMS tanpa Whatsapp, Line, dan BBM menjadi pengguna smartphone yang smart.

Jadi, tak ada lagi cerita bengong ditanyain, “Pin BBM-mu apa?”

* Source image: Microsoft Lumia Dual SIM.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.