Kopdar Blogger Nusantara

Ketika banyak yang sepakat dengan nama Blogger Nusantara sebagai representasi “blogger Indonesia”, maka di saat itulah penyempitan kebesaran Majapahit tengah berlangsung. Bagi seorang Gadjah Mada, Nusantara tidak hanya sebatas Indonesia. Pada masanya, Nusantara meliputi hampir seluruh wilayah Indonesia saat ini ditambah dengan Tumasek, Sabah, Serawak, Brunei, Kepulauan Moro dan sekitarnya. Maka Blogger Nusantara selayaknya merepresentasikan blogger Asia Tenggara bagian Selatan. Kenyataan pengkhususan Nusantara sebagai Indonesia merupakan pengkerdilan sejarah. Begitu kira-kira kesalahkaprahan Nusantara. Terlepas dari kesalahkaprahan pemakaian Nusantara, Kopdar Blogger Nusantara memang sebenarnya bersifat inklusif. Sekiranya ada blogger di sekitar Nusantara berkenan hadir tentu saja diperbolehkan. Eh, barangkali ada blogger Singapura, Malaysia, Brunei, atau Filipina tentu saja dipersilahkan, monggo. Meskipun kok jebulannya saya tidak menemui seorangpun bule Asia Tenggara yang muncul di acara BN2013.

Kopdar Blogger Nusantara yang katanya Istimewa tentu saja memang istimewa. Bagi saya, BN2013 semacam nonstalgia sekaligus bongkar-bongkar catetan, iki sopo lan iki sopo. Ya, sekiranya saya cukup lama tidak sowan ke rumah para blogger senior semacam blog-nya kang Andi MSE, Soewoeng, Jarwadi, Pakdhe Purwoko, atau Ki Demang Suryaden. Bagi seorang blogger newbie dan blogger muda belia semacam saya, tentu saja kenalan dengan para blogger kawakan dan blogger senior di BN2013 merupakan pengalaman yang selalu baru. Bahkan seleblog semacam Agus Mulyadi pun sempat saya sambangi, bahkan sempat berpose bareng.

Saya berangkat ke acara BN2013 dari Jakarta menuju Jogjakarta, sedianya saya naik bus dari Jakarta turun Giwangan dilanjutkan naik Trans Jogja ke arah Malioboro. Maksud hati ingin langsung ke acara pembukaan di pagelaran keraton, ternyata pembukaan BN2013 dipindahkan mendadak ke Rumah Budaya Joglo Abang. Bagi kebanyakan blogger tentu saja hal ini cukup mengecewakan. Tapi bagi saya ya biasa saja, ora ono sing perlu digelani. Toh inti dari BN2013 bagi saya ya yang penting ketemu, ngobrol, saling sapa, dan tentu saja kenalan bagi yang belum saling kenal atau foto bareng bagi yang selama ini hanya ketemu dalam jaringan. Dalam bahasa sederhana, ekspektasi saya untuk BN2013 sudah terpenuhi dan sesuai.

Awalnya saya kurang sreg ketika di awal acara, dari empat narasumber ternyata tiga diantaranya adalah ‘promosi’, tapi ya sudah lah. Sedianya sekira pukul 16.00 para blogger diberi pilihan untuk tour Jogja atau tetap di Joglo Abang menikmati pentas seni dari beberapa kelompok kesenian dari Jogjakarta dan sekitarnya. Sedianya juga Balatidar mau ikut-ikut tour Jogja meski sebenarnya bagi Balatidar tentu saja Jogjakarta bukan tempat yang asing lagi. Kenyataannya bus yang akan mengantar rombongan baru datang sekira pukul 20.00. Diambillah keputusan, segera menuju dusun Tembi. Tempat nginep para blogger dan tempat dilangsungkan acara untuk hari berikutnya.

Hari selanjutnya, saya tak banyak mengikuti kegiatan di dusun Tembi. Saya off dari kegiatan BN2013 sekira pukul 09.00 bersama Erza, teman baru yang saya temukan di Joglo Abang, tepat di samping selokan Mataram. Dikarenakan acara gathering ‘sebenarnya’ bagi blogger di BN2013 adalah hari Minggu, jepretan kamera yang mengarah ke saya pun tak sebanyak peserta lainnya. Bahkan foto yang ada saya-nya pun justru tidak menampakkan bahwa saya hadir di acara Blogger Nusantara 2013.

Salam Blogger Nusantara, Salam Istimewa…

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.