Konflik IDM dengan Firewall Kaspersky

Bagi pengguna software Internet Download Manager dan Kasperksy Internet Security seringkali mengalami kejadian software IDM tidak mau download file dari URI yang kita berikan. Biasanya Ketika akan donwload akan muncul pesan sebagai berikut:

“A socket operation was attempted to an unreachable network, This usually means the local software knows no route to reach the remote host.”

Bisa jadi ini karena Firewall dari Kaspersky Internet Security (KIS) memblokir koneksi dari IDM ke jaringan. Biasanya Kaspersky memasukkan IDM ke dalam “low restricted” dan “medium risk” software.

Cara cepat mengatasi masalah konflik antara IDM dengan firewall Kaspersky adalah melakukan deactivate Firewall Kaspersky. Namun, tentunya hal ini sangat beresiko bagi komputer yang terhubung ke jaringan internet. Sebagai alternatif sementara bisa memanfaatkan firewall bawaan dari Microsoft Windows. Caranya bisa melihat video yang terpapar diatas.

Pastikan setelah selesai berurusan dengan IDM, lakukan aktivasi Firewall Kaspersky dengan melakukan backward step (urutan berkebalikan) dari apa yang ada dalam video diatas.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.