Kembali ke Floppy Disk

Berapa kapasitas simpan portable digital storage yang anda miliki? Seberapa besar ukuran fisiknya? Dengan adanya MicroSDHC, sekarang begitu mudah menyimpan data digital berukuran orde puluhan gigabyte dalam sebuah benda seukuran kuku jari kelingking kita. Sangat kecil, ringan, hemat energi, namun mudah hilang.

Ketika masih SMP saya masih mengalami portable media storage floppy disk berukuran 5,2 inch yang hanya bisa menyimpan tak lebih dari 1MB. ukurannya 100x lebih besar dari MicroSDHC, namun kapasitasnya bisa jadi 1000x lebih kecil dari MicroSDHC. Menjelang masuk SMA saya mulai memakai floppy disk yang 3,5 inch. Kapasitasnya dua kali lebih besar, yaitu 1,44MB. Biasanya saya gunakan untuk menyimpan dokumen word processor atau spreadshet ditambah bebrapa gambar resolusi kecil.

Masuk kelas 2 SMA beralih menggunakan flashdisk dengan kapasitas simpan 256MB buatan Kingston berwarna silver. saya gunakan hingga kuliah semester 1. Selanjutnya karena kebutuhan kapasitas media portable yang lebih besar saya membeli flashdisk berukuran 1GB dan satu buah MiniSD 512MB untuk handphone saya.

Sampai sekarang saya masih mengandalkan flashdisk untuk menyimpan dokumen digital. Meski dalam perkembangannya sekarang sudah banyak media simpan yang berkapasitas lebih besar semisal portable harddisk yang mampu menyimpan hingga kapasitas 2TB.

Berbeda dalam hal pemanfaatan, sepertinya akhir-akhir ini saya justru membutuhkan 3,5 inch floppy disk dalam hal pemindahan data dari instrumen geofisika yang saya gunakan, beserta kemampuan memanfaatkan DOS command untuk mengelola file-file.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.