Jogja International Street Performance 2012

Jogja International Street Performance (JISP) merupakan ajang mempertontonkan hasil karya para seniman dari berbagai negara di jalanan. JISP merupakan buah ide dan kerjasama antara Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dan Universitas Gadjah Mada. JISP masih dalam satu rangkaian acara Jogja International Performing Arts Festival (JIPA Fest) dan Asia Tri Jogja (ATJ).

Tahun 2012 merupakan penyelenggaraan Jogja International Street Performance yang ketiga. JISP diawali dengan stage preformance oleh para peserta di Taman Budaya Yogyakarta, selanjutnya dari beberapa peserta dipilih yang cocok untuk dipentaskan di jalanan. Seleksi ini dilakukan mengingat tidak semua jenis khasil karya yang dipentaskan di panggung cocok untuk ditampilkan di jalanan, street performance. Street Performance sendiri dilaksanakan di halaman parkir barat Grha Sabha Pramana (GSP UGM).

Beberapa negara yang ikut serta dalam JISP #3 ini diantaranya Jepang, Kanada, Meksiko, India, China, Singapura, Amersika Serikat, Srilanka, dan tentu saja Indonesia. Beberapa negara selain Indonesia yang dapat menyemarakkan street performance yaitu China dan Meksiko. Peserta dari China menampilkan kepiawaiannya dalam memainkan berbagai alat musik tradisional China. Peserta dari Meksiko pun mempertunjukkan keahliannya dalam memainkan beberapa alat musik tradisional Meksiko dipadukan dengan alat musik modern.

Dari Indonesia yang mengikuti street performance diwakili oleh beberapa komunitas daerah seperti dari Bangka-Belitung, Sulawesi Tengah, dan seluruh kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain dari perwakilan daerah juga ada perwakilan dari komunitas-komunitas seni yang telah eksis sebelumnya.

Meski stage untuk street performance tidak semegah tahun lalu tetapi street performance untuk tahun ini sangat menarik dan cukup menyenangkan untuk dapat dinikmati. Stage yang disediakan untuk street performance tahun ini lebih sempit karena hanya di halaman parkir barat GSP-UGM, bandingkan dengan tahun lalu yang sampai menutup Jalan Kaliurang sepanjang sisi UGM dilengkapi dengan satu buah panggung utama dan lima buah panggung sepanjang jalan.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.