Jogan, Grojogan di Pantai Selatan

Wisata pantai di sepanjang bibir Pantai Selatan Gunung Kidul memang tak pernah ada habisnya. Bagi wisatawan yang sudah setidaknya dua tahun lebih tidak berkunjung kembali ke wisata pantai gunung Kidul barangkali kalau wisata lagi akan menemui hal-hal baru di sepanjang obyek wisata pantai Gunung Kidul. Selalu saja ada pantai-pantai wisata baru di Gunung Kidul Yogyakarta. Sebut saja Jogan dan Pok Tunggal. Keduanya merupakan obyek wisata pantai yang relatif masih baru dibandingkan obyek wisata lain semacam pantai Indrayanti (Pulang Sawal), Siung, maupun Sundak.

Lokasi pantai Jogan maupun Pok Tunggal berada diantara pantai Indrayanti dan Siung. Pantai Pok tunggal sejauh ini masih dikelola oleh warga setempat. Berbeda dengan pantai Jogan yang retribusinya masih satu paket dengan wisata pantai Siung. Untuk masuk pantai Jogan cukup membayar retribusi Rp 3.000,00 sudah termasuk ke Siung. Parkir pantai Jogan cukup dekat dengan bibir pantainya dan membayar retribusi Rp 2.000,00. Tentu bukan harga yang mahal untuk bisa masuk pantai Jogan dan Siung.

Pantai Jogan memiliki keistimewaan karena adanya air terjun tepat di bibir pantai. Cukup menarik sebagai obyek foto pantai, terlebih jika menaiki bukit tepat di sisi kanan dan kiri pantai Jogan. Dari sisi bukit pantai Jogan dapat terlihat objek-objek pantai lain di sekeliling Jogan. Di beberapa bagian pantai Jogan dijadikan spot pemancingan, memancing di pantai.

Kekurangan dari Pantai Jogan yaitu wisatawan tidak dapat secara bebas bermain air laut. Ombak yang cukup besar, karang-karang tajam, dan tebing-tebing di bibir pantai sangat berbahaya bagi wisatawan yang ingin bermain air. Hanya pada saat air laut surut saja wisatawan dapat bermain di bawah air terjun Jogan. Tempat makan di Jogan juga hanya ada satu tempat, itu pun paling sekedar mie instant dan minum-minuman ringan. Akses jalan menuju pantai Jogan juga belum terlalu bagus, masih berupa tatanan bebatuan dan beberapa bagian sudah di cor semen. Maklum saja, Jogan adalah pantai yang masih relatif baru. Untuk menutupi kekecewaan karena tidak dapat bermain air, dari pantai Jogan wisatawan bisa berkunjung ke pantai Pok Tunggal, Siung, atau Indrayanti (Pulang Sawal) yang relatif cukup dekat dari Jogan.

Bila belum mengetahui tempatnya dengan pasti, saat perjalanan menuju pantai Jogan, sebaiknya didahului dengan bertanya pantai Siung, Indrayanti (Pulang Sawal), atau pantai Sundak terlebih dahulu. Belum semua masyarakat di sekitar Gunung Kidul mengetahui pantai Jogan. Setelah cukup dekat dengan pantai Siung, silakan tanyakan kepada warga sekitar. Pantai Jogan masih satu paket dengan Siung untuk retribusinya. Sedangkan pantai Indrayanti dan Sundak berbeda paket retribusinya. Bila hanya ingin ke Siung dan Jogan, usahakan tidak melalui pos retribusi obyek wisata Sundak-Indrayanti, tentu saja untuk menghindari bayar retribusi dua kali.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.