Follow Blog and Google Translate

Dalam beberapa hari belakangan ini blog saya mulai terlihat trafik pengunjungnya. Pada awal-awal aktivasi blog ini hanya sedikit sekali pengunjung dalam sehari. Melalui fungsi google tracking saya melihat adanya gelagat hampir 20% dari pengunjung blog (visitor) yang bukan dari crawler dan boot merupakan pengunjung dari luar negeri. Beberapa tulisan saya memang sudah saya tulis dalam bahasa Inggris meski sebenarnya kemampuan bahasa Inggris saya serba kepekso.

Selain karena beberapa tulisan saya yang berbahasa Inggris, ternyata kunjungan wisatawan mancanegara ke blog saya ini juga tak lepas dari relasi dalam ngeblog saya yang sedikit diantaranya memang berasal dari luar negeri. Ada dari negara Russia, Inggris, Amerika Serikat, Malaysia, bahkan dari Israel juga ada. Paling dekat pengunjungnya dari Malaysia yang secara kebahasaan masih bisa dianggap “tahu sama tahu“.

Beberapa diantara pengunjung ada yang memilih subscribe alias berlangganan setiap ada posting baru. Terakhir saat saya menulis posting ini tercatat ada 283 subscriber. Dari nama-nama para follower memang kebanyakan wisatawan lokal (dalam negeri). Angka itu tentu saja saya anggap masih sedikit jika dibandingkan dengan blog-blog lain yang cukup aktif dalam dunia maya. Saya tidak tahu alasan mereka berlangganan, sedangkan saya seringkali minder dalam posting tulisan terlebih saat membaca blog-blog lain yang ada dalam feed agregasi yang menurut saya tulisan mereka itu jauh lebih berkualitas. Entah, hanya Tuhanlah yang Maha Tahu.

Untuk menyiasati supaya database dan aktivitas kirim email ke subscriber tidak terlalu tinggi saya memilih untuk menggunakan jasa salah satu aplikasi pengoptimal feed online. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara saya memilih menggunakan jasa google translate untuk menerjemahkan ke dalam bahasa yang dikehendaki pengunjung.

Untuk berlangganan update blog ini bisa dilakukan dengan klik tulisan Follow di sisi kanan bawah, selanjutnya memasukkan alamat email, klik Sign me up!. Anda akan mendapatkan kiriman email untuk mengkonfirmasi subscribing anda. Untuk berhenti berlangganan bisa dilakukan dengan menuju halaman pengaturan berlangganan. Selanjutnya masukkan alamat email yang telah anda gunakan untuk berlangganan dan klik unsubscribe.

Google translate merupakan layanan dari google untuk menterjemahkan website sesuai dengan bahasa yang dipahami pengunjung. Untuk menggunakan fungsi google translate silakan klik tombol translate/terjemahan yang berada di sisi kanan atas. Selanjutnya akan muncul bar di bagian atas halaman website. Anda bisa mengubah bahasa sesuai dengan yang bisa anda pahami. Tentu saja hasil translate google hanyalah sebatas translate seadanya, tetapi setidaknya bisa sedikit-sedikit dipahami.

Follow dan google translate adalah tools yang digunakan untuk mempermudah akses informasi yang ada di dalam blog sekarlangit ini.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.