Dosa MLM

Penrahkah anda mengajarkan keburukan kepada orang-orang disekeliling anda? Mungkin secara tidak sadar kita pernah mengajarkan keburukan kepada orang di sekeliling kita. Mungkin juga kita secara sengaja mengajarkan kejelekan, bisa dalam lingkup keluarga, RT, RW, atau cakupan yang lebih luas di jagad raya. Bisa jadi keburukan ini mendatangkan dosa bagi anda.

Mari kita berhitung secara matematis terhadap perbuatan buruk yang kita ajarkan kepada orang lain. Sebagai studi kasus masih mengenai orang yang menyebarkan video ariel luna maya, ariel cut tari, atau ada lagi dengan video mesum mirip artis bunga citra lestari dan ariel.

Misal anda menjadi orang yang pertama kali upload video mesum. Katakanlah dosa karena menyebarkan bisa dihitung 1 poin. Selanjutnya dari apa yang anda upload ada 2 orang yang download, kemudian menyebarkan lagi kepada 2 orang, disebarkan lagi kepada 2 orang, begitu seterusnya.

Dalam hal persebaran ini, anda telah mengajarkan keburukan kepada orang lain, katakanlah dari setiap persebaran oleh 1 orang anda mendapat komisi dosa sebesar 10%. Dengan metode matematis anda bisa menghitung jumlah “anakbuah” anda, selanjutnya anda juga bisa menghitung jumlah komisi anda. Perhitungannya seperti sistem Multi Level Marketing dimana anda adalah orang level teratas (level 1), bedanya kalau MLM itu yang dikomisikan produk tertentu, kalau anda yang dikomisikan produk dosa.

Dari ilustrasi diatas maka terbentuk suatu deret yang sifatnya eksponensial dimana jumlah orang dibawah anda (n) dalam sebuah fungsi level (L) dapat dirumuskan dengan:

n = 2^L – 2

setelah diperoleh n dapat dihitung jumlah komisi (K) anda seberar 10% dari tiap anggota yaitu

K = n * 10%

Dari komisi yang anda peroleh bisa dihitung total dosa anda (D) yaitu

D = K + 1

Jika digambarkan dalam tabel dan grafik akan diperoleh seperti berikut ini:

Diibaratkan untuk 1 poin anda dihukum dimasukkan dalam neraka yang panasnya masih pada suhu 27 derajat celcius (suhu normal ruangan), maka jika persebarannya mencapai level 9 anda akan dimasukkan neraka pada suhu diatas 1400 derajat celcius, atau sedikit lebih panas dari yang digunakan untuk meleburkan besi. Kiranya lumayan panas bukan?

Pesan dan Saran

Jangan mengajarkan kepada orang lain berbuat dosa karena dosanya dapat “berkembangbiak”, hati-hati dalam bertindak. Selamat belajar matematika.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.