Bukan si-Aki-is-met

Saya beberapa hari yang lalu tidak bisa berkomentar di blog saya. Awalnya saya curiga ada apa gerangan komenttar saya dissapear tidak bisa muncul. Saya pun menyangka-nyana ini gara-gara anti spam yang saya pasang. Saya memasang dua anti-spam di blog saya, pertama Akismet yang sudah menjadi gawan bayi dan satu lagi anti spam buatan lokal. Saya pun kelimpungan kelabakan mengenai cara resolve masalah ini.

Well, akhirnya seperti pernah diceritakan oleh Kang Ciwir dalam sebuah pertemuan offline mengenai komentar-komentarnya yang kecantol Akismet hampir sebulan nutuk. Saya mencoba mengirimkan email ke support-nya Akismet. Dan tak selang sehari saya sudah mendapatkan email balasannya:

Jika diartikan dalam bahasa campur kira-kira begini:

Kok koyone gak ono alasan Akismet nganggep komentarmu spam yo. Akismet kuwi dudu blacklist dab. Coba dijajal sik ninggal komentar nang blog iki nganggo nama, email, URL sing podho biyasa dinggo.
http://podz.wordpress.com.

Setelah mendapatkan email dari Akismet Support saya langsung menuju TKP http://podz.wordpress.com/2009/03/10/moved/ dan mencoba sendiri memasukkan komentar di blog tersebut, dan hasilnya ternyata komentar saya tidak diblokir oleh Akismet.

Langsung tersangka kedua yang saya uninstall dari plugins board wordpress saya tak adil memang ketika saya uninstall plugins kedua tanpa mencobanya terlebih dahulu. Tapi kenyataan akhirnya saya sekarang bisa berkomentar di blog saya sendiri.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.