Bandwidth Akhir Bulan

Jelang akhir bulan begini biasanya saya sedikit menyibukkan diri dengan masalah server web. Bukan karena kehabisan bandwidth tetapi karena rasa penasaran saya terhadap penggunaan bandwidth server. Dengan hanya melihat bandwidth usage dari hosting saja saya dapat memperkirakan jumlah pengunjung web bertambah atau berkurang setiap bulannya.

Saya jadi penasaran, sebenarnya seperti apa sih bandwidth web blog saya sendiri? Masuk ke control panel sedikit kaget juga kalau ternyata bandwidth yang telah saya gunakan bulan ini hampir mencapai 2500MB, bagi web yang banyak pengunjung pasti bandwidth segitu biasa-biasa saja. Tapi untuk blog saya yang amat sangat sepi tentunya mengejutkan. Ah sebenernya apa sih yang bisa buat bandwidth saya sampai segini.

Jumlah pengunjung adalah penentu seberapa besar pemakaian bandwidth, selain itu ada hal penting yang perlu diperhatikan tetapi kadang luput dari perhitungan, ukuran halaman web. Kalau dihitung, sederhananya bandwidth usage sebanding dengan jumlah dari hasil kali antara jumlah pengunjung dengan halaman yang dibuka.

Misal dalam web kita memiliki 4 halaman web, untuk halaman pertama berukuran 30kb dengan pengunjung dalam satu bulan sebanyak 2348 orang. Halaman kedua berukuran 24kb dengan pengunjung 1800 orang. Halaman ketiga berukuran 16kb dengan pengunjung 1768 orang. Halaman keempat berukuran 12kb dengan pengunjung 1500 orang.

Secara matematis kita dapat menghitung bandwidth usage kita adalah (30kb*23480)+(24kb*18000)+(16kb*17680)+12kb*15000). Atau misal kita anggap semua halaman web kita berukuran sama sebesar 36kb dengan jumlah pengunjung secara keseluruhan sebanyak 30000 dalam satu bulan, kita dapat menghitung penggunaan bandwidth usage kita sebesar (36kb*30000). Tentu selain kedua parameter tersebut masih ada parameter lainnya yang mempengaruhi bandwidth usage kita semisal transfer file, download file, mail transfer, dan beberapa hyperlink dari halaman web lain semisal ada web lain yang menggunakan gambar, video, music streaming dari file-file yang tersimpan dalam host kita.

Tentunya masalah bandwidth ini tidak masalah bagi saya karena bandwidth saya unlimited dengan transfer rate 1000Mbps shared yang kalau dihitung dalam MB/s sekitar 134,22MB/s (shared). Sedangkan untuk disk space saya rasa ini pun sementara tidak masalah bagi saya sebab hingga saat ini masih tersisa disk space sebesar 679GB di harddisk server saya.

Penulis: Muh.Ahsan

Geoscience application specialist, technical evangelist, music lover, movie buff, and active blogger.

Tinggalkan Tanggapan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.