MS Office Tip: Generate Random Teks

Bagi yang terbiasa dengan pengaturan layout atau pembuatan template, barangkali sudah kenal dengan dummy text. Dummy text pada dasarnya berguna supaya pengguna fokus pada layout atau tata letak dari suatu halaman, bukan pada kontennya. Dummy text yang sangat terkenal yaitu lorem ipsum, atau biasanya hanya disingkat lipsum saja.

Microsoft Office sebagai penyedia word processor, presentation, spreadsheet pun menyadari bahwa beberapa penggunanya juga seringkali bermain dengan layout. Maka disediakanlah dummy text di dalam softwarenya, yaitu di Microsoft Office Word 2013. Berbeda dengan mainstream layouter yang menggunakan lipsum sebagai dummy text, Microsoft justru menyediakan dummy text serupa tetapi berupa dummy text yang readable, dan memiliki makna dalam kata-kata dan kalimatnya. Microsoft sendiri menyebutnya random text generator.

Bagaimana caranya?

Cobalah membuka blank document, atau edit salah satu dokumen Microsoft Word anda di Software Microsoft Word 2013. Ketikkan “=rand(4,5)” (tanpa tanda petik) di awal paragraf, atau pada saat membuat paragraf baru, kemudian tekan enter. Microsoft Office 2013 akan dengan sendirinya membuat dummy text (random text) sejumlah 4 paragraf dengan masing-masing paragraf terdiri dari 5 kalimat.

Formula yang digunakan adalah =rand(<jumlah_paragraf>,<jumlah_kalimat>) dengan rincian <jumlah_paragraf> dalam angka integer dan <jumlah_kalimat> juga dalam angka integer. Misal, untuk generate tiga paragraf dengan masing-masing paragraf berisi empat kalimat maka menggunakan formula =rand(3,4).

=rand(3,4)


Video provides a powerful way to help you prove your point. When you click Online Video, you can paste in the embed code for the video you want to add. You can also type a keyword to search online for the video that best fits your document. To make your document look professionally produced, Word provides header, footer, cover page, and text box designs that complement each other.

For example, you can add a matching cover page, header, and sidebar. Click Insert and then choose the elements you want from the different galleries. Themes and styles also help keep your document coordinated. When you click Design and choose a new Theme, the pictures, charts, and SmartArt graphics change to match your new theme.

When you apply styles, your headings change to match the new theme. Save time in Word with new buttons that show up where you need them. To change the way a picture fits in your document, click it and a button for layout options appears next to it. When you work on a table, click where you want to add a row or a column, and then click the plus sign.


Seperti itulah kira-kira dummy text yang akan dibuat oleh Microsoft Office.

Menyemangati Diri untuk Ngeblog

Saya pernah merasa bahwa ngeblog merupakan sesuatu yang out dated, pasalnya saya merasa kehilangan partner. Cukup lama saya absen dari menulis (satu bulan hanya satu post) karena sekitar tahun 2012 saya ‘kehabisan’ teman ngeblog. Kiblat saya dalam blogging semisal kang Andy Marsudiyanto (KeCAKOT), Kang Ciwir (Kaum Biasa), Mbak Emi (Cemani), atau blogger yang sejaman pada tahun-tahun itu blog-nya mulai jablay. Efeknya tentu saja interaksi dengan mereka menjadi berkurang. Saya mulai kehilangan nyawa dalam hal kepenulisan. Terlebih lagi kemudian saya selesai sekolah, hampir sama sekali tidak menyentuh ranah kepenulisan. Lengkap sudah alasan saya untuk magrok (berhenti – JW) ngeblog.

Pertengahan tahun 2015 ini, meski sudah beraktifitas (bekerja) saya tergugah dan merasa perlu untuk beraktifitas kembali mengembangkan kemampuan diluar kemampuan yang pakem segawean (sesuai pekerjaan – JW). Timbul keinginan untuk kembali menghidupi blog dengan memberi asupan tulisan.

Pilihan saya ngeblog kembali bukan sesuatu yang ujug-ujug (tiba-tiba – JW) datang begitu saja. Pertimbangan saya adalah rasa eman (sayang – JW) kalau kebiasaan baik –semoga memang sebuah kebaikan– yang pernah saya jalani itu terhenti begitu saja, menghasilkan konten positif. Dalam beberapa kesempatan saya dipertemukan dengan blogger kenalan baru semacam Andri Keriting dan Kokoh Ahmad yang kemudian membuat saya merasa punya teman ngeblog lagi. Ditambah lagi, Mas Nanang yang meski menurut saya seolah tidak punya teman, masih sangat konsisten dalam hal tulis-menulis. Tak elok kalau masalah teman dijadikan alasan.

Menulis memang mudah, tetapi tidak semua orang bisa melakukannya. Seringkali ada benteng-benteng ketidakpercayaan diri yang membuat tulisan magrok menjadi draft atau bahkan masuk recycle bin. Pertimbangan rasa tidak pantas, tulisan wagu (aneh – JW), atau tulisan jelek kemudian saya kesampingkan.

Kalau bukan SARA, bukan SARU (tabu – JW), dan bukan pencemaran nama orang lain, selama konten positif – ya posting aja.

Cara saya supaya bisa terdorong untuk menghasilkan tulisan sederhana saja, berinteraksi meninggalkan jejak –komentar– di blog orang lain yang aktif menulis. Saya masih mempercayai ada blogger yang ngeblog dengan hati tetap akan berinteraksi balik dengan berkunjung ke blog si pemberi komentar, juga tujuannya untuk berinteraksi.

Saya merasa janggal kalau saya meninggalkan komentar ketika saya sendiri belum menghasilkan tulisan baru. Masak iya pas dikunjungi balik isi tulisannya masih sama. Ndak malu apa?

Getting Started: Windows Phone – Aktifkan Pengunci Layar

Ponsel kini sudah menjadi gadget yang sangat personal sehingga sudah selayaknya pengguna care terhadap keamanan ponsel. Kegunaannya tentu saja untuk melindungi data-data, membatasi akses orang lain terhadap ponsel yang kita miliki, dan yang lebih penting supaya data-data kita di dalam ponsel tetap aman sekalipun ponsel hilang. Pastikan anda selalu mengaktifkan fitur pengunci layar pada ponsel anda.

Bagi pengguna Windows Phone, berikut saya tunjukkan melalui video cara mengaktifkan pengunci layar ponsel (lock screen). Pada intinya, cara ini berlaku untuk seluruh ponsel Windows Phone baik itu ponsel low end semacam Lumia 420, 430, 435, atau ponsel Lumia 535, 540, 640, 640XL, dan bahkan juga untuk kelas high end semacam Lumia 920, 925, 930, 1020, dan 1520 dengan sistem operasi Lumia Denim 8.1.

Pada intinya adalah masuk ke Settings (Pengaturan), lock screen (pengunci Layar), dan aktifkan Password. Pilihan untuk password untuk Windows Phone berupa kombinasi angka dengan batasan minimal 4 karakter angka.

Getting Started: Windows Phone – Membuat Kontak Baru

Tulisan ini bisa jadi tidak teralalu penting, terlebih bagi orang yang sudah sangat melek teknologi dan cukup mengenal Windows Phone. Bagi pengguna pemula Windows Phone, barangkali cara ini bermanfaat untuk getting started Windows Phone. Cara ini berlaku untuk semua jenis ponsel Windows Phone mulai dari Lumia 430, Lumia 435, Lumia 540, Lumia 640, Lumia 730, hingga seri Lumia 1520 dengan Lumia Denim (Windows Phone 8.1).

Secara sederhana, yang perlu dilakukan adalah membuka daftar aplikasi (swipe ke kiri), kemudian cari aplikasi People, tekan tanda (+) di bagian bawah, masukkan informasi kontak, dan tekan gambar diskette/simpan.

Membuat Kontak di Windows Phone
Membuat Kontak di Windows Phone

Ya, memang cara tradisionalnya se-simple itu.