Install Arduino Library for Matlab Simulink R2012b

If you have problem with this tutorial language, may google translate (to english) a bit useful for you. Another way, scroll down and point to this SILENT VIDEO.

Matlab dan Simulink kini telah mendukung penggunaan Arduino, salah satu board mikrokontroler open source hardware yang cukup terkenal di kalangan peminat otomatisasi sistem kontrol dan akuisisi. Arduino menghadirkan fleksibilitas dalam mengembangkan konsep pemrosesan sinyal dan kendali mekanik, misal di bidang robotik dan drone.

Saat ini semakin mudah dan beragam cara untuk mengembangkan algoritma yang dapat di jalankan di Arduino. Salah satunya adalah yang ditawarkan oleh Matlab Simulink melalui Arduino Support from Simulink. Platform Simulink yang sangat sistematis dan mudah dimengerti cukup membantu bagi yang ingin mempelajari workflow dan workstep untuk membuat desain embedeed system tanpa melakukan pemrograman manual.

Untuk melakukan instalasi Arduino Support from Simulink sebenarnya tidak sulit, terlebih lagi jika perangkat komputer yang digunakan telah terhubung dengan jaringan internet. Cukup dengan mengetikkan “targetinstaller” pada Matlab command window kemudian memilih mode “internet” selanjutnya tinggal memilih “Arduino” maka secara otomatis Matlab akan melakukan download paket-paket yang dibutuhkan dan menginstall otomatis.

Bagaimana jika komputer tidak terhubung dengan Internet?

Instalasi tanpa terhubung langsung dengan internet sebenarnya tidak disarankan (terkait dengan update package), tetapi pada dasarnya tetap dapat dilakukan. Berikut ini adalah cara instalasi Arduino Support from Simulink tanpa terhubung langsung dengan internet.

  1. Download paket SimulinkArduino.zip [pl_badge type=”important”]Last update 16/12/2012[/pl_badge]
  2. Kopi hasil download ke direktori C:\MATLAB\Targets\R2012b\downloads
  3. Ekstrak file SimulinkArduino.zip sehingga di dalam folder downloads terdapat tambahan file arduino_r2012b_v2_0.zip, arduino-1.0-windows.zip, arduinomega2560_r2012b_v2_0.zip, dan arduinouno_r2012b_v2_0.zip.
  4. Buka program MATLAB R2012b sebagai administrator. Caranya dengan klik kanan pada ikon Matlab, Run as Administrator.
  5. Pada command window Matlab, ketikkan targetinstaller.
  6. Setelah muncul window baru, terdapat pilihan untuk melakukan instalasi menggunakan internet atau melalui folder, pilih Folder, kemudian browse ke C:\MATLAB\Targets\R2012b\downloads, Select Folder. Klik Next.
  7. Selanjutnya muncul tabel select a target yang berisi paket target untuk Arduino, pastikan ada tanda centang pada kolom Action Install baris Arduino. Klik Next.
  8. Muncul Verify details yang diantaranya berisi detail paket yang akan diinstal beserta link lisensinya, klik Next.
  9. Tunggu sampai muncul Install/update complete. Kemudian klik Finish.

Setelah langkah diatas selesai maka instalasi Arduino Support from Simulink di komputer anda telah selesai.

Untuk mencoba menggunakannya bisa dengan mengikuti video tutorial pada bagian akhir dari video berikut ini. Tutorial penggunaan Simulink untuk memprogram Arduino kali ini adalah LED Blink-Blink pada pin nomor 13, fungsinya hampir sama dengan Hello World, LED Blink versi example yang ada pada software Arduino IDE.

Mengikuti Pluralsight Course

Pluralsight merupakan salah satu penyelenggara jasa training online video based. Cukup banyak video training gratisan di internet. Namun, tentu saja selalu ada bedanya antara yang gratisan dan yang berbayar. Pluralsight meski berbayar tetapi memberi kesempatan calon user-nya untuk mencicipi 10 hari trial.

Saya pernah beberapa kali mengikuti course resmi. Course pertama saya mendapatkan (grant) akses masuk ke Pluralsight (monthly subscribe selama 3 bulan) dari access key yang diberikan Schlumberger Information Solution (SIS). Course yang saya akses seputaran C# dan .NET. Ditambah lagi dua course berkaitan dengan Visual Studio 2008. Grant kedua saya peroleh dari MSDN-AA beberapa saat yang lalu dengan durasi waktu yang sama (monthly subscribe selama 3 bulan). Course yang saya pilih masih tidak jauh-jauh dari pemrograman, yaitu C++, Parallelism, dan MATLAB. Selanjutnya course ketiga (monthly subscribe dalam 3 bulan) saat ini sedang saya ambil berkaitan dengan career development dan kalau masih ada waktu tersisa rencananya mau saya ambil untuk course yang berkaitan dengan mathematical computing.

Total saya mendapatkan monthly subscribe selama 9 bulan. Sayangnya semua subscribtion tidak mendapatkan fitur PLUS, jadi hanya sebatas mengikuti premium course tanpa bisa mengikuti exercise, assessment, dan certification.

Kebanyakan course yang disediakan di Pluralsight hanya yang berkaitan dengan pemrograman dengan menggunakan bahasa pemrograman populer. Untuk pemrograman yang berkaitan dengan scientific computing masih sedikit. Course yang berkaitan dengan scientific computing ini yang saya harapkan.