Ponsel Rusak dan Pelajaran Kimia SMA

Beberapa hari lalu Mbak Data secara tidak sengaja merenangkan telepon selulernya di dalam tas. Meletakkan HP di dalam tas dan memasukkan botol air mineral ke dalam tas tanpa menutup botolnya (karena lupa). Jadilah seisi tas menjadi basah bagai kolam renang, terlebih lagi karena tas yang digunakan adalah tas yang kedap air, air tidak bisa masuk tetapi juga tidak bisa keluar.

Hari Kamis lalu saya mengantarkan Mbak Data ke service center Samsung di seberang jalan pasar Kranggan. Saya sangat sadar bahwa dengan kondisi seperti itu HP sudah tidak bergaransi, tetapi karena tujuannya adalah memperbaiki HP, garansi atau tidak garansi tidak lagi menjadi masalah. Setelah mendapat giliran menghadapi CS yang kurang banyak senyum dan konsultasi, tukang service mengatakan bahwa sebagian besar komponen sudah korosi dan kalau mau ganti harus diganti satu blok PCB dan BGA-nya. Perkiraan harga penggantiannya bisa mencapai satu juta rupiah. Tanpa banyak basa basi, akhirnya kami pulang tak jadi memasukkan HP ke service center.

Setelah dilanda keputusasaan, saya iseng-iseng membongkar sendiri ponsel Galaxy Ace yang rusak. Alasannya tentu saja karena saya tidk percaya bahwa sebagian besar komponen telah korosi, sebab komponen-komponen elektronika tentu saja sudah menggunakan bahan yang tidak korosif, dalam artian untuk terkorosi membutuhkan waktu yang lama, tidak cukup hanya sehari-dua hari. Ya, kecuali dipercepat dengan proses elektrokimia sesuai yang saya dapatkan saat pelajaran jaman SMA dulu.

Dugaan saya, dengan asumsi proses elektrokimia pada logam, kemungkinan korosi hanya terjadi pada konektor baterai, switch power, atau paling jauh adalah IC power. Tidak ada komponen yang terlihat terkorosi kecuali satu bagian, yaitu switch power di sisi kanan sesuai dugaan saya. Dengan peralatan seadanya saya coba untuk melepas switch power dan membersihkannya. Selanjutnya saya solder ulang dan dipasang sesuai pada tempatnya.

VOILA! Setelah saya rangkai kembali akhirnya ponsel dapat nyala dan semua bagian berfungsi normal.

Tentu saja saya tidak mengutuk Samsung Service Center yang mengatakan harus diganti satu blok PCB, ya itu benar demi kebaikan ponsel-nya. Tapi tentu saja menjadi tidak baik bagi kami yang tidak punya banyak uang. Justru saya menjadi sangat berterimakasih kepada Samsung Service Center yang mengingatkan saya tentang pelajaran kimia SMA, korosi yang disebabkan proses elektrokimia. Pelajaran SMA yang pada akhirnya saya menyadari manfaat mempelajarinya, meski mungkin sekedar untuk hal-hal kecil seperti ini.

Tweetdeck Update Error

It is about 2 days out when my tweetdeck windows application on my computer had error. Everything can not update, all columns. Simply, I search how to resolve this problem. Nothing found on google search, bing search, yahoo search, and other online search engine. I have no idea first, but I think nothing change if I not doing something. So, I do this steps then everything alright, no error anymore. This is how to resolve tweetdeck that not show timeline update.

Sekitar dua hari telah berlalu sejak aplikasi tweetdeck di komputer saya mengalami masalah. Semua kolom yang ada tidak ada update. Langsung, saya mencari tulisan-tulisan di internet mengenai cara menyelesaikan permasalahan ini. Tidak ada yang saya temukan di mesin pencari google, bing, yahoo, maupun beberapa mesin pencari lainnya. Awalnya saya tidak memiliki ide sama sekali, tetapi saya berpikir tidak ada yang akan berubah tanpa melakukan sesuatu. Saya melakukan beberapa langkah kecil dan kemudian semua baik-baik saja, tidak ada error lagi. Berikut ini cara memperbaiki tweetdeck tidak menampilkan update timeline.

You can follow this readable step by step below, or view video on the end of this post.

Open Windows Explorer, show all hidden files by clicking Organize > Folder and search option, select view tab. Make sure you just select radio button Show hidden files, folder and drives and also remove checkbox on Hide protected operating system files.

Make sure to close tweetdeck window first. Go to Windows drive (On my computer Windows installed in C: drive), let we go to C:\Users\username\AppData\Local\twitter\TweetDeck\localStorage. Then see on a file named qrc__0 (qrc__0.localstorage). Select this qrc__0.localstorage file and delete it.

Now open your tweetdeck windows application. Log in with your username and password.

See, everything update. Happy tweet tweeps!

Jogja International Street Performance 2012

Jogja International Street Performance (JISP) merupakan ajang mempertontonkan hasil karya para seniman dari berbagai negara di jalanan. JISP merupakan buah ide dan kerjasama antara Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta dan Universitas Gadjah Mada. JISP masih dalam satu rangkaian acara Jogja International Performing Arts Festival (JIPA Fest) dan Asia Tri Jogja (ATJ).

Tahun 2012 merupakan penyelenggaraan Jogja International Street Performance yang ketiga. JISP diawali dengan stage preformance oleh para peserta di Taman Budaya Yogyakarta, selanjutnya dari beberapa peserta dipilih yang cocok untuk dipentaskan di jalanan. Seleksi ini dilakukan mengingat tidak semua jenis khasil karya yang dipentaskan di panggung cocok untuk ditampilkan di jalanan, street performance. Street Performance sendiri dilaksanakan di halaman parkir barat Grha Sabha Pramana (GSP UGM).

Beberapa negara yang ikut serta dalam JISP #3 ini diantaranya Jepang, Kanada, Meksiko, India, China, Singapura, Amersika Serikat, Srilanka, dan tentu saja Indonesia. Beberapa negara selain Indonesia yang dapat menyemarakkan street performance yaitu China dan Meksiko. Peserta dari China menampilkan kepiawaiannya dalam memainkan berbagai alat musik tradisional China. Peserta dari Meksiko pun mempertunjukkan keahliannya dalam memainkan beberapa alat musik tradisional Meksiko dipadukan dengan alat musik modern.

Dari Indonesia yang mengikuti street performance diwakili oleh beberapa komunitas daerah seperti dari Bangka-Belitung, Sulawesi Tengah, dan seluruh kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain dari perwakilan daerah juga ada perwakilan dari komunitas-komunitas seni yang telah eksis sebelumnya.

Meski stage untuk street performance tidak semegah tahun lalu tetapi street performance untuk tahun ini sangat menarik dan cukup menyenangkan untuk dapat dinikmati. Stage yang disediakan untuk street performance tahun ini lebih sempit karena hanya di halaman parkir barat GSP-UGM, bandingkan dengan tahun lalu yang sampai menutup Jalan Kaliurang sepanjang sisi UGM dilengkapi dengan satu buah panggung utama dan lima buah panggung sepanjang jalan.