Jogja Last Friday Ride

Hari Rabu sore lalu saya mendapat SMS dari teman saya, nembung mau meminjam sepeda onthel besok hari Jumat malam. Saya jarang menggunakan sepeda onthel saya pada malam hari, jadilah saya perbolehkan memakai sepeda saya sak kesele. Meski begitu saya penasaran juga, untuk apa pinjam sepeda malam-malam? Terlebih lagi teman saya ini memang baru pertama kali ini nembung mau pinjam sepeda.

JLFR (Jogja Last Friday Ride) merupakan sebuah kegiatan ajang pit-pitan (bersepeda) bareng menelusuri rute tertentu di Kota Yogyakarta. Untuk event tanggal 28 September 2012 ini melalui rute Balai Kota – Jl. Kenari – Gondosuli – Munggur – Colombo – Terban – Cikditiro – Suroto – Kridosono – E.M. Noto – Jend. Sudirman – Tugu – Mangkubumi.

Informasi awal yang saya dapatkan mengenai kegiatan ini pun sangat minim. Hampir tidak ada, kecuali hanya sak sliweran (sekilas) di halaman muka facebook. Gambar semacam poster yang bahkan melihat saja rodo nggak ngeh (kurang memperhatikan). Informasi yang saya dapatkan justru dari teman saya yang mau pinjam sepeda itu.

Entah kenapa saya ingin ikut bersepeda, sekedar pit-pitan bareng. Bahkan asumsi saya awalnya cuma mau pit-pitan bareng empat orang teman. Begitu keluar melalui jalan-jalan alternatif sepeda mulai nampak keramaian para pesepeda menuju satu tujuan yang sama, Balai Kota Yogyakarta. Sampai di jalan depan Balai Kota sudah terlihat beberapa kerumunan para pesepeda kongkow di sepanjang pinggir jalan. Saya kira hanya sedikit, tetapi ternyata semakin malam semakin banyak, semakin malam semakin asik.

Sekitar pukul 20.30 pit-pitan menelusuri rute yang sudah ditentukan dimulai, ternyata selama di jalan ada juga para pesepeda yang ngadang di jalan dan bergabung. Semakin mendekati finish di Mangkubumi semakin banyak saja. Meski hitungannya tak sampai puluhan ribu, saya rasa ini cukup banyak untuk ngebak-ngebaki jalan sepanjang rute perjalanan.

Saya tidak begitu tahu mengenai ijin dan pemberitahuan gangguan, bahkan siapa yang menjadi pandega kegiatan ini pun saya tidak tahu. Karena sudah pasti dengan jumlah pesepeda yang bergabung itu sudah termasuk kegiatan berkumpul di tempat umum yang bisa mengganggu keselamatan dan ketertiban pengguna jalan.

Apapun itu rasanya masih cukup banyak evaluasi yang harus dilakukan oleh para pesepeda. Utamanya adalah tidak rebutan jalur dengan pengguna kendaraan lain (sepeda motor, mobil, becak, andong, dll). Tertib harus menjadi tatanan ketat dan dipatuhi supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan. Saya melihat banyak pesepeda yang secara tidak sadar mempertaruhkan nyawa dengan menyeberang persimpangan jalan sembarangan, tidak memperhatikan kondisi dari arah berlawanan maupun yang dari kanan-kirinya.

JLFR ini lumayan seru terutama saat menyoraki dan “menyemangati” pesepeda yang tertinggal di belakang saat sampai di Mangkubumi. Saya baru pulang bersepeda pukul 10.30 malam. Pun itu bersama teman-teman saya tidak langsung pulang melainkan mencari makan malam di nasi goreng daging kambing dekat Panti Rapih. Selanjutnya nongkrong di Angkringan Ndhelik di Jl. Pandega Raya (Pogung Lor) sampai pukul 01.30 (lewat tengah malam). Sampai kost langsung nulis dan posting ini.

* foto lainnya masih ada di Septian.

Driver VGA Card Trio 3D/2X dan Savage 3D

VGA card S3 Trio 3D/2x dan S3 Savage 3D merupakan discreet VGA card yang masih menggunakan slot AGP 1x dan kompatibel dengan slot AGP 2x. Video card ini telah ada di market sejak tahun 1999. Untuk saat ini hampir tidak ada lagi orang yang menjual video card jenis ini karena hampir semua video card baru sudah menggunakan slot PCI 16x atau yang agak lama menggunakan PCI 8x.

S3 Trio 3D/2x dijual dengan berbagai ukuran memori bertipe SGRAM atau SDRAM. Dengan teknologi memori yang lebih baik VGA cari dini memiliki kemampuan 100% lebih cepat dibandingkan VGA card lainnya. Tentu saja lebih baik karena pada saat itu kebanyakan VGA card masih menggunakan EDO DRAM. Kapasitas memori VGA card ini bervariasi yaitu 2MB, 4MB, dan paling besar adalah 8MB. Trio 3D/2x merupakan kartu grafis dengan 64-bit 2D dan 3D graphics engine.

S3 Savage 3D juga menggunakan teknologi yang hampir sama, bedanya seri Savage 3D memiliki sambungan TV out, support composite maupun S-Video ke NTSC/PAL TV monitor. Selain itu Savage 3D memiliki 128-bit 2D dan 3D graphics engine. Diluncurkan dengan kapasitas memori yang bervariasi dari 2MB hingga 8MB.

S3 Trio 3D/2x versi 8MB dengan color depth diatur true color dapat menjangkau hingga resolusi 1280 x 1024 px, bahkan bisa sampai 1600 x 1200 pada mode high color. Berbeda dari Trio 3D/2x, Savage 3D maksimum hanya bisa menangani resolusi 1280 x 1024 px pada true color tetapi sudah dilengkapi dengan TV out.

Saya memiliki VGA Card seri S3 Trio 3D/2x versi 8MB, masih lengkap termasuk box, CD driver, beserta User Guide. VGA card ini masih berfungsi dengan baik pada komputer yang masih menggunakan Intel Celeron – 500MHz. VGA card dibeli pada bulan September 2001 dan hingga sekarang masih tampak baru.

Driver S3 Trio 3D/2x terdiri dari 3 versi untuk Windows 9x, Windows NT 4.0, dan Windows NT 5.0 (Windows 2000). Driver S3 Savage 3D terdiri dari 3 versi untuk Windows 9x, Windows 9x TV, dan Windows NT 4.0. Driver untuk Windows NT 5.0 selain support untuk Windows 2000 juga support untuk Windows XP (Windows NT 5.1 dan NT 5.2).

Download Driver S3 Trio 3D/2x

Download Driver S3 Savage 3D

Download User Guide

Konfigurasi Email UGM pada Microsoft Outlook

Mail UGM menerima komunikasi email melaui protokol incoming POP3 dan IMAP serta protokol outgoing SMTP. Untuk melakukan setting pada software mail client bisa dilakukan secara manual. Email client yang bisa digunakan misal Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird, bisa juga menggunakan software email client yang lain.

Parameter yang perlu diperhatikan adalah untuk incoming sebagai contoh POP3 server gunakan pop3.ugm.ac.id dan untuk SMTP server gunakan smtp2.ugm.ac.id dalam pengaturannya. Bila ingin menggunakan protokol IMAP, gunakan imap.ugm.ac.id. Username yang digunakan adalah username saja, bukan alamat email lengkap. Misal alamat email anda adalah [email protected] maka gunakan username email.anda.

Silakan setelah selesai konfigurasi, cek email dengan menekan tombol F9 atau melalui menu Tools | Send/Receive | Send/Receive All.