Sony Ericsson Vivaz

Beberapa hari yang lalu saya sempat ngributi beli HP baru, bahkan sempat jadi bahan pembicaraan antara Mbak Emi, Kukuh, Saya, dan Yunita melalui YM, Twitter, dan Facebook. Pembicaraan sempat nyentil mengenai BlackBerry juga (yang beberapa saat lagi akan saya dapatkan gratis-tis). Sore lalu sudah terbeli HP baru sesuai yang sempat dibicarakan, Sony Ericsson Vivaz.

Sebelum memilih Vivaz ini sebenernya saya sudah melirik beberapa HP lainnya. Ada beberapa pilihan lain misal dengan Nokia N97 Mini, Nokia X6, Samsung I8000 Omnia II, iPhone 3G 16GB, HTC Hero. Pada akhirnya yang terbeli adalah SE Vivaz (bukan Vivaz Pro). Maunya sih memang Vivaz Pro, tapi menurut penjualnya saat ini Vivaz Pro belum masuk penjualan. Dari segi spesifikasi hampir sama antara Vivaz dengan Vivaz Pro, bedanya pada Vivaz Pro unggul di QWERTY keyboard secara fisik, sedangkan Vivaz unggul di kamera 8MPx.

Vivaz dibekali dengan sistem operasi Symbian, dengan prosesor 720MHz dan akselarator PowerVR SGX Graphics (seperti pada iPhone 3Gs). Artinya dari segi hardware sudah lumayan bagus, setidaknya prosesornya lebih bagus dari yang digunakan iPhone 3Gs. Sayang sekali display Vivaz masih menggunakan TFT resistive touchscreen, bukan capasitive seperti iPhone. Artinya tidak pas rasanya mengakses menu-menu di Vivaz menggunakan jari tangan, meski hal ini tetap bisa dilakukan. Sebagai gantinya adalah resolusi layar yang lebih besar dari iPhone 3Gs. Layar Vivaz tidak terlalu bagus ketika dilihat di luar ruangan.

Saat saya coba ternyata dengan prosesor segitu masih ada lag atau delay saat memutar dari posisi vertikal ke landscape. Hal ini tidak terjadi pada iPhone 3Gs yang pernah saya bawa. Saya tidak begitu tau apakah ini karena memang kerja prosesor dan akselarator grafisnya yang lambat, atau mungkin sensor accelorometernya yang lambat merespon. Tapi kemungkinan itu terjadi karena sensor accelorometernya yang tidak se-sensitif iPhone 3Gs.

Saat saya coba di luar ruangan, penangkap sinyal GPS lumayan bagus. Dari 24 satelit yang ada, setidaknya ada 5 satelit yang terdeteksi (tergantung tempat), sudah mencukupi untuk penentuan posisi kita (tentunya lebih banyak satelit akan semakin akurat).

Bukan si-Aki-is-met

Saya beberapa hari yang lalu tidak bisa berkomentar di blog saya. Awalnya saya curiga ada apa gerangan komenttar saya dissapear tidak bisa muncul. Saya pun menyangka-nyana ini gara-gara anti spam yang saya pasang. Saya memasang dua anti-spam di blog saya, pertama Akismet yang sudah menjadi gawan bayi dan satu lagi anti spam buatan lokal. Saya pun kelimpungan kelabakan mengenai cara resolve masalah ini.

Well, akhirnya seperti pernah diceritakan oleh Kang Ciwir dalam sebuah pertemuan offline mengenai komentar-komentarnya yang kecantol Akismet hampir sebulan nutuk. Saya mencoba mengirimkan email ke support-nya Akismet. Dan tak selang sehari saya sudah mendapatkan email balasannya:

Jika diartikan dalam bahasa campur kira-kira begini:

Kok koyone gak ono alasan Akismet nganggep komentarmu spam yo. Akismet kuwi dudu blacklist dab. Coba dijajal sik ninggal komentar nang blog iki nganggo nama, email, URL sing podho biyasa dinggo.
http://podz.wordpress.com.

Setelah mendapatkan email dari Akismet Support saya langsung menuju TKP http://podz.wordpress.com/2009/03/10/moved/ dan mencoba sendiri memasukkan komentar di blog tersebut, dan hasilnya ternyata komentar saya tidak diblokir oleh Akismet.

Langsung tersangka kedua yang saya uninstall dari plugins board wordpress saya tak adil memang ketika saya uninstall plugins kedua tanpa mencobanya terlebih dahulu. Tapi kenyataan akhirnya saya sekarang bisa berkomentar di blog saya sendiri.

Batako Omah Miring

Dari perhitungan awal saya, ini adalah proses ketiga pembangkitan omahmiring. Proses pertama adalah memperpanjang domain di registrar name.com, proses pembangkitan kedua adalah mempersiapkan tema omahmiring, dan sebagai langkah ketiga ini adalah online editing. Dalam hal online editing ini ada beberapa parameter sebelum nantinya dapat digunakan sebagaimana mestinya sebuah blog.

Online editing yang saya maksud adalah menyesuaikan tema dengan apa yang disediakan secara online oleh jaringan. Sebelum lebih jauh berbicara mengenai kelanjutannya, perlu diketahui bahwa dalam ritual pembangkitan omahmiring ini saya memunculkan suatu kosakata kecil untuk mewakili fungsionalitas omahmiring, yaitu AGLIGATOR. Bukan agregator, aligator, apalagi agregasi meskipun ada kesalingterkaitan antara ketiganya.

Agregator atau biasa disebut agregasi difungsikan sebagai “pengumpul” tulisan dari berbagai blog lain ke dalam suatu wadah, yang terupdate secara berkala sesuai tulisan baru di masing-masing daftar blog. Aligator, dalam bidang elektronika dikenal istilah aligator clip, adalah suatu penjepit (konektor) untuk menjembatani dua buah kabel yang terputus atau berlainan.

Selanjutnya penggabungan dua fungsi diatas menjadi AGLIGATOR, suatu fungsi pengumpul dari beberapa blog dengan tema berlainan agar dapat saling terhubung dan terintegrasi dalam sebuah wadah khusus agar lebih mudah diakses.

Omahmiring tetap berfungsi layaknya sebuah blog, saya tetap akan membuat tulisan-tulisan di blog omahmiring. Tentu saja apa yang telah saya tuliskan di omahmiring tidak saya tuliskan di blog saya yang lain karena semua blog saya selain omahmiring akan di fetch diambil sebagian perview excerpt untuk dipasang di halaman utama omahmiring.

Favicon apa yang cocok untuk AGLIGATOR? Dan apa yang akan menjadi ciri dari agligator itu sendiri? Tentunya perlu mempertimbangkan segala sesuatunya tanpa mengesampingkan nama omahmiring itu sendiri.

Yang ini sekedar tambahan buat hiburan…..

Berita Baik

Seharusnya tulisan ini saya posting beberapa hari yang lalu, sesaat setelah pingback twitter dari pakdhe blontank dan mbak heralaxmidevi itu muncul di sebuah tulisan di blog saya mengenai internet. Karena jadwal yang lumayan padat termasuk ngurus surat-menyurat keberangkatan saya ke Jepang, akhirnya saya baru bisa posting hari ini. Sekaligus kebetulan juga hari ini jadwal posting masal karena scheduled posting saya sudah habis.

Kabar mencurigakan itu datang sore hari dari Kang Ciwir melalui milis pendekartidar yang menanyakan alamat surat-menyurat saya dan Mbak Emi Cemani, positif thinking saja karena yang minta itu Mas Santri jadi jelas mesti tujuannya untuk kebaikan, anggap saja sebagai alamat penyalur aspirasi arus bawah kepada pemerintah. Tapi herannya kok ada istilah “jatah preman” dalam emailnya, jangan-jangan ini dana aspirasi nih. Kalau seorang santri harus bayar dewan kan jadi mahal karena satu orang dewan minta 50 juta, mungkin kang ciwir cari orang kalau harus bayar dana aspirasi yang murah saja lah.

Kecurigaan semakin mejadi ketika Bu Bidan malah bersuara mengenai BB. Saya jadi inget kalau belum pengumuman lomba XLSOLO, tapi yang ini saya masih positif thinking agar tidak kePDan. Percakapan dengan Mbak M melalui messenger pun kemudian malah membahas Mbak M ketangkep pak polisi pas menerobos lampu merah di Mertoyudan, dan harus sidang di pengadilan (contoh yang baik, jangan sidang di TKP).

Pagi hari tanggal 7 Juli 2010 setelah sholat saya buka laptop dan connect internet, buka blog ternyata ada pingback dari pakdhe blontankpoer dan mbak heralaxmidevi itu. Ternyata terkaan Bu Bidan bener, pengumuman lomba XLSOLO itu memasukkan tulisan saya ke dalam nominasi kategori internet. Sesaat itu juga saya SMS ke Mbak Emi dan mengucapkan selamat (padahal barang yo durung tekan).

Saya kenal twitter sekitar setahun yang lalu, itu pun gara-gara kepengen dari mas kojuice alumni SMA 3 Magelang empat angkatan diatas saya, ketemu pun lewat internet (internet memang powerfull) dan belum pernah tatap meja muka secara langsung. Ternyata twitter inilah yang membawa berita baik. Begitulah kalau kita memanfaatkan jejaring sosial untuk kebaikan, tentu akan mendatangkan kebaikan pula.

Terimakasih XL Axiata, terimakasih Bengawan, terimakasih kawan-kawan.

Aduk-Aduk Semen Omah Miring

Setelah sebelumnya saya berbicara mengenai perpanjangan domain omahmiring.com sebagai langkah pertama pembangkitan, kali ini sebagai langkah kedua adalah mempersiapkan tema.

Tema yang saya persiapkan untuk omahmiring sedikit berbeda dengan tema blog ini. Tapi pada dasarnya tetap membentuk citra atraktif dengan memunculkan kembali fungsi galeri (dari picasa) dan shoutbox (dari shoutmix) yang pada beberapa kesempatan sebelumnya tidak pernah saya munculkan.

Sebagai tambahan lain agar terlihat hidup, diatas header saya tambahkan marque text yang bisa diatur melalui dashboard theme-option. Tambahan unik lainnya sebagai hasil “melu-melu” dari blog blogger cap kipas angin adalah munculnya semacam quotation text di atas content tulisan maupun pada halaman utama, juga dapat diatur tulisannya melalui dashboard theme option.

Tagline (subtitle) dari blog omahmiring sementara masih seperti saat-saat terakhir tertidur-nya omahmiring, “pantaskah orang miring membicarakan hal-hal miring.”